Menhan RI : Rusia Partner Diplomatik Indonesia dalam Berbagai Bidang

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Rusia, Belanegaranews.com – Sebagai bentuk penguatan hubungan diplomatik antara Republik Indonesia dan Federasi Rusia, Menteri Pertahanan RI Rymizard Ryacudu melakukan pembicaraan bilateral dengan Menteri Pertahanan Rusia General of the Army Sergei Shoigu, Rabu, (6/02). Dalam pertemuan yang berlangsung di Kemhan Rusia, kedua Menhan memandang positif terhadap kerjasama pertahanan bilateral yang sudah terjalin antara dua negara.

Dikatakan Menhan RI, Rusia selama ini menjadi negara partner diplomatik dalam berbagai bidang, baik dalam pengadaan alutsista, peningkatan kapasitas dan kapabilitas personel militer Indonesia. Selain itu juga pemerintah Rusia mendukung upaya Indonesia dalam berperan serta menjaga perdamaian dan ketertiban dunia.

Selaras dengan konsep diplomasi pertahanan yang diusung Indonesia, Menhan RI yakin bahwa Indonesia-Rusia memiliki pengaruh dan kapabilitas yang besar dalam mengambil peran guna menjaga stabilitas keamanan kawasan, yang selanjutnya berdampak pada perdamaian dan ketertiban dunia. Hal mendasar lainnya dari komponen diplomasi pertahanan Indonesia bahwa selama ini Indonesia tetap mengedepankan konsep strategi pertahanan yaitu tanpa memiliki musuh dari negara manapun.

Kunjungan bilateral ini menunjukan komitmen Indonesia dengan membangun persahabatan dan keterhubungan dengan semua negara termasuk di dalamnya Rusia. Rusia merupakan salah satu dari empat negara poros diplomasi pertahanan Indonesia selain Amerika, China dan ASEAN.

Kepada Menhan Rusia, Menhan RI menegaskan bahwa perkembangan saat ini, musuh utama Indonesia berupa ancaman nyata yaitu teroris dan bencana alam, namun saat ini yang utama adalah teroris. Sebagai musuh bersama dunia saat ini, berbagai bentuk kebijakan penanggulangan terorisme telah diupayakan oleh pemerintah Indonesia melalui Kemhan.

Untuk itulah sebagai landasan peningkatan kemitraan strategi kedua negara, Menhan RI mengupayakan adanya bentuk peningkatan kerjasama dengan pihak Rusia di berbagai bidang, baik yang telah berlangsung hingga saat ini maupun yang selanjutnya akan dilaksanakan. Peningkatan kerjasama tersebut seperti pertukaran informasi, latihan bersama, saling kunjung antar pejabat, serta peningkatan dialog keamanan tahunan antar kedua negara.

Pada kesempatan tersebut Menhan Rusia juga mengundang pihak Indonesia untuk mengikuti beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di Rusia antara lain, Konferensi Keamanan Internasional, Army Forum, Army Games, dan Parade Angkatan Laut. (ERA/JLY)

Sumber : website resmi Kemhan RI

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.