Kepala Sekolah Resmi Buka Gebyar SMAN 4 Garut

Sharing is caring!

Garut, Belanegaranews.com – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Garut gelar Lomba Keterampilan Baris-berbaris (LKBB), Lomba Pasanggiri Rampak Sekar, MTQ dan pembacaan Puisi tingkat SD, SMP, se-Jawa Barat-Banten, Sabtu (9/2).

Lomba yang rutin diadakan satu tahun sekali ini dibuka langsung oleh Kepala Sekolah SMAN 4 Garut Drs. Eli Setia Permana, M.M.Pd., dengan mengucap Bismillah dan ditandai dengan dibunyikannya gong, acara tersebut resmi dibuka. Dalam sambutannya Kepala Sekolah menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memeriahkan Ulang Tahun SMAN 4 ke 38.

Kepala Sekolah menyampaikan tujuan dari memperlombakan Pasanggiri Rampak Sekar, diharapkan nantinya akan mampu menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya Indonesia, khususnya budaya Sunda yang sekarang sudah hampir tersisihkan dan tergerus oleh budaya asing.

Sementara dalam Lomba Keterampilan Baris Berbaris dan Lomba dilaksanakan bertujuan mengajarkan dan menumbuhkan proses disiplin, kekompakan dalam tim dan semangat untuk memberikan yang terbaik. Proses pembelajaran seperti inilah yang sejatinya diperlukan para pelajar remaja agar terhindar dari dampak negatif pergaulan.

Lebih Lanjut Drs. Eli Setia Permana, M.M.Pd., mengatakan bahwa, “nilai kedisiplinan dapat terpatri dalam sanubari apabila dibarengi dengan upaya untuk membukanya dan konsistensi semua pihak untuk menjaganya. Dorongan untuk berperilaku disiplin tidak hanya datang dari lingkungan sekolah dan keluarga tetapi juga lingkungan pergaulan dengan teman sekelompoknya atau masyarakat di sekelilingnya. Sehingga niat untuk menjadikan anak didik sebagai pribadi yang unggul dan berwatak baik dapat terwujud,” ujar Eli.

Masih menurut Kepala Sekolah, “tujuan dilaksanakannya kegiatan ini antara lain untuk menumbuhkembangkan kesadaran generasi muda akan cita-cita luhur bangsa agar senantiasa menjaga keutuhan bangsa melalui sikap kedisiplinan, kebersamaan dan ketaatan terhadap pimpinan, yang diimplementasikan melalui gerakan dan sikap yang terkandung dalam keterampilan baris berbaris,” pungkasnya. (R81/Kusnadi)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *