Anies Ingin Kolaborasi dengan Warga Bangun Kampung Jakarta

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Jakarta, Belanegaranews.com -Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menginginkan adanya kolaborasi dengan warga untuk membangun kampung di DKI Jakarta. Dengan begitu, warga Jakarta bisa terlibat langsung dan bisa menyumbangkan idenya.

“Karena kita menginginkan pembangunannya dilakukan secara kolaborasi atau dalam bahasa kita gotong royong. Masyarakat langsung terlibat dalam kegiatan pembangunan, termasuk ketika misalnya membangun jalan-jalan di gang gang, jalan, itu semua bisa dilakukan dengan kerja bersama masyarakat,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (12/2).

Dalam pembangunan kampung itu, kata dia, penyelenggaranya tak harus berupa perusahaan. Penyelenggaranya, bisa saja organisasi masyarakat seperti Karang Taruna atau RT, RW, dan juga PKK. Oleh Sebab, itu, dia mendorong adanya penggunaan dan pengadaan barang dengan swakelola tipe 3 dan tipe 4 dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 Tahun 2018. Namun, pengadaan itu tak terbatas kepada pembangunan kampung kumuh, melainkan digunakan pada setiap kegiatan.

“Misalnya sederhana, begini penyediaan makanan sehat untuk sekolah-sekolah itu bisa dikerjakan oleh masyarakat di sekitar sekolahnya dengan ada spesifikasi jenis makanan yang sudah ditentukan oleh pemerintah,” ujar dia.

Dia juga menyebut pengadaan swakelola tipe 4 ini bukanlah sebuah hibah. Pengadaan swakelola ini merupakan program dengan ketentuan baru dari pemerintah pusat.

“Kita bersyukur semangat yang kita bangun di jakarta untuk mengerjakan kegiatan pembangunan lewat gotong royong sekarang punya landasan hukumnya untuk pembiayaan. Kalau kemarin kita kesulitan landasan hukumnya, akhirnya hibah hibah hibah,” jelas dia.

Sumber : Republika

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.