Kades Cilangkap, Berhasil Terapkan Dana Desa DD/ADD 2018 Dalam Pembangunan Infrastruktur

Sharing is caring!

Sukabumi (BNNews) – Pembangunan dan pemberdayaan desa merupakan salah satu komitmen pemerintah untuk menghadirkan pemerataan ekonomi di Tanah Air. Pembangunan dan Pemberdayaan tersebut sejatinya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat pedesaan terutama infrastruktur.

Suhendi Kepala Desa Cilangkap, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi-Jawa Barat

Semua itu bisa berjalan karena ada kepedulian pemerintah  terhadap kemajuan desa di seluruh wilayah dengan mencanangkan anggaran dana desa (DD/ADD) ke setiap daerah pedesaan di seluruh Indonesia, dimana dana tersebut bersumber dari anggaran APBN dan APBD telah terlaksana.

Seperti halnya di Desa Cilangkap, Kecamatan Lengkong,  Kabupaten Sukabumi, dibawah kepemimpinan Kepala Desa Suhendi, anggaran yang turun dari Pemerintah diterapkan dengan sebaik mungkin untuk pembangunan desa.

Ketika ditemui oleh awak media  belanegaranews di kantor Desa Cilangkap, Suhendi menyampaikan, “dalam mengemban amanah dari masyarakat selalu di terapkan kedisiplinan dan penuh rasa tanggung jawab, agar bisa mengayomi dan menjalin hubungan baik antara pemerintahan Desa Cilangkap dengan masyarakat,” katanya, pada Senin 11 Maret 2019.

“Alhamdulillah pembangunan di tahun 2018 sudah saya terapkan, dan dalam pembangunan sarana dan prasarana baik pembangunan fisik maupun non-fisik sudah terwujud sesuai yang diharapkan. Anggaran yang digelontorkan oleh pemerintah dialokasikan sesuai dengan harapan khususnya bagi masyarakat yang ada di Desa Cilangkap,” paparnya.

Masih ditempat yang sama Suhendi menjelaskan pembangunan infrastruktur Desa Cilangkap,  tahun 2018 yang bersumber dari Dana Desa diantaranya, pengaspalan Jalan Kp. Cikaso (DD), pengaspalan Jalan  Kp. Ramaja (DD), pengaspalan Jalan Kp. Palasari (DD), pengaspalan Jalan Kp. Simpenan (DD), pengerasan Jalan Lengsar (DD), serta TPT lapangan sepakbola Cingenca (DD), dan pemasangan Tower Wifi.

Selain itu Suhendi menambahkan beberapa bantuan diantaranya pembangunan MCK 5 titik dari Waskita Karya, pengaspalan hotmix jalan Patok Besi, hotmix jalan Kp. Nungku lembuatan sumur bor Kp. Simpenan, serta pelebaran lapang sepakbola di Kp. Palasari, pengaspalan jalan Kp. Cileles (Bangub), pengerasan jalan Kp. Cibunut (P3K). pembangunan pondok Pesantren (Banbup sebesar 100 juta rupiah), pembangunan Madrasah Diniyah (MD dari Kabag Keagamaan sebesar 50 juta rupiah), sarana air bersih (Pisew dari Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat sebesar 100 juta rupiah), irigasi Kp. Nungku sebesar 200 juta,  serta pembangunan dan pemagaran pustu.

Kemudian, untuk program selanjutnya dengan anggaran yang turun dari Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat di tahun 2019 ini, Suhendi mengharapkan dukungan dari aparatur desa dan masyarakat  dalam merealisasikan kembali pembangunan di Desa Cilangkap.

“Dalam rangka mewujudkan pembangunan dan meningkatkan taraf hidup perekonomian dan kesejahteraan di kalangan masyarakat, Kami selaku aparatur desa akan lebih meningkatkan pelayanan terhadap warga, dan akan berusaha sebaik mungkin dalam menjalankan amanah yang telah diberikan baik oleh pemerintah pusat, daerah dan khususnya warga masyarakat,” pungkas orang nomor satu di Desa Cilangkap tersebut. (Asep S)

Pos terkait