Bersama PPS Desa Mekarsari, PPK Kecamatan Cikajang Menggelar Bimtek Sekaligus Pelantikan KPPS

Sharing is caring!

Garut (BNNews) – Pemilu 2019 adalah pesta demokrasi bagi seluruh warga masyarakat Indonesia untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden serta anggota Legislatif secara langsung, umum, bebas, dan rahasia.

Demi terciptanya pemilu yang aman, nyaman dan lancar, pemerintah bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) beserta jajarannya serta pihak-pihak yang terkait didalamnya telah gencar mensosialisasikan kepada masyarakat untuk berpartisipasi ikut serta dalam pesta demokrasi tersebut dengan memberikan suaranya pada PILPRES dan PILEG 2019 yang akan diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 17 April tahun 2019 yang akan datang.

Ketua PPS Desa Mekarsari Herman Hadi Kusuma (tengah), bersama Acep Fausi dan Roni Gerhana saat membuka acara.

Sejalan dengan hal tersebut, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Mekarsari, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, yang beranggotakan Herman Hadi Kusuma (ketua), Acep fausy, Roni Gerhana, Susi Sulastri, Kus Kusnadi, serta Jenal Aripin, yang bekerjasama dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang diwakili oleh Agus Suhendar, mengadakan pelantikan ketua KPPS Desa Mekarsari serta Bimbingan Teknis (BIMTEK) bagi seluruh anggota KPPS Desa Mekarsari, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut.

Acara Bimtek yang dilaksanakan pada hari Rabu-Sabtu, 10-13 April 2019, bertempat di Aula Desa Mekarsari Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut, yang diikuti oleh 161 anggota KPPS Desa Mekarsari Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut.

Hal tersebut bertujuan untuk memberikan bimbingan dan arahan mengenai mekanisme penyelenggaraan pesta demokrasi Pemilu Pilpres dan Pileg 2019 supaya tercipta suasana pemilu yang aman, damai, dan lancar sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Seperti yang diungkapkan Herman Hadi Kusuma (ketua PPS Desa Mekarsari Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut), “bahwa acara ini bertujuan untuk memberikan pembekalan materi teknis penyelenggaraan pemilu tahun ini, diharapkan nanti pas pelaksanaannya petugas KPPS tidak mengalami kendala. Dikarenakan pemilu tahun ini adalah pemilu gabungan antara Pilpres dan Pileg,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Agus Suhendar (anggota PPK Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut) memberikan arahan kepada seluruh anggota KPPS Desa Mekarsari Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut dalam hal teknis pelaksanaan pemilu 17 april mendatang mulai dari tugas pokok dan fungsi masing-masing anggota KPPS sampai pada proses penghitungan suara.

“Sebenarnya tidak ada yang sulit dalam proses penyelenggaraan pemilihan Pilpres dan Pileg tahun ini, kalau kita bisa teliti pada saat kita melaksanakan tugas kita masing-masing, Bimtek ini merupakan bimbimbangan untuk memperkuat pemahaman anggota KPPS terkait hal teknis yang akan dikerjakan dalam proses pemungutan suara pada tanggal 17 April 2019 mendatang,” ujar Agus Suhendar.

Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan anggota Legislatif dilaksanakan secara serentak dan bersamaan dalam satu waktu. Hal ini memang menjadi tantangan tersendiri bagi pihak penyelenggara pemilihan untuk bisa melaksanakan pemilihan pilpres dan pileg dengan lancar, aman, dan damai. (Kusnadi/R81)

Bersama PPS Desa Mekarsari, PPK Kecamatan Cikajang Menggelar Bimtek Sekaligus Pelantikan KPPS

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *