Kodim 0711/Pemalang Laksanakan Program Binsiap Apwil Dan Puanter TW IV TA. 2019

Sharing is caring!

Pemalang (BNNews) – Dalam rangka meningkatkan kesiapan prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, Kodim 0711/Pemalang menggelar kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Binsiap Apwil) dan kemampuan Teritorial (Puanter) Triwulan IV TA. 2019, bertempat di Aula Makodim Jl. Brigjen Katamso no 43 Pemalang.
Kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter ini secara resmi dibuka oleh Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Irvan Christian Traigan, S.I.P., M. Han, yang diikuti Staf Makodim, Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0711/Pemalang sebanyak 115 orang.

Sebelum kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Binsiap Apwil) dan kemampuan Teritorial (Puanter) Triwulan IV TA. 2019 dimulai dengan pengecekan oleh Pasiter Kodim 0711/Pemalang Kapten Inf Sarmin menyampaikan kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Binsiap Apwil) dan kemampuan Teritorial (Puanter) Triwulan IV TA. 2019 ini dilaksanakan dalam upaya peningkatan kemampuan Apkowil yang diselenggarakan setiap triwulan, untuk itu agar para Babinsa senantiasa mendengarkan, menyimak, memahami dan mencermati setiap materi yang akan disampaikan oleh narasumber sehingga dapat mengimplementasikan pada saat pelaksanaan tugas dilapangan nanti.

Dalam sambutannya, Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Irvan Christian Traigan, S.I.P., M. Han, menyampaikan Bahwa Kemampuan Teritorial merupakan implementasi program kerja Teritorial pada Triwulan IV TA 2019 yang bertujuan Seluruh Aparat Komando Kewilayahan menguasai pengetahuan yang terkandung dalam materi Binsiap Apwil dan Puanter serta memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam menjalankan tugas Binter tingkat perorangan maupun tingkat Satuan, juga agar Babinsa dapat meningkatkan kemampuan dan profesionalisme untuk menghadapi tugas-tugas yang akan datang yang semakin berat dan kompleks.

“TNI Memahami situasi dan kondisi lingkungan, hubungan sosial masyarakat dan permasalahan, adat istiadat dan budaya yang ada di wilayahnya; Mengenal dengan baik Aparat Pemerintah dan tokoh masyarakat yang ada di lingkungannya serta berpartisipasi dalam pelaksanaan Binter; dan Terwujudnya menggunakan pelaksanaan tugas Binter”, Tutur Dandim.

Letkol Irvan juga mengatakan, bahwa keberhasilan Binter sangat dipengaruhi oleh kesiapan dan kemampuan aparatur wilayah dengan sistem pemberdayaan wilayah pertahanan komponen lainnya untuk dapat melaksanakan deteksi dini, cegah dini, temu cepat serta lapor cepat terhadap ancaman yang dapat membahayakan keutuhan Bangsa dan Negara.

Diakhir sambutannya Dandim berharap kepada anggota agar lebih memahami dan mampu melaksanakan tugas kewilayahannya sehingga dalam melaksanakan tugasnya tidak ada keraguan dalam mengaplikasian atau melaksanakan tugas di lapangan, dengan demikian hasil yang dicapai oleh anggota di lapangan dapat optimal, efektif dan efisien, serta dapat meningkatkan kemampuan prajurit dalam melaksanakan tugas dengan menjabarkan serta mensosialisasikan binter di wilayahnya.

Untuk materi Binsiap Apwil dan Puanter yang diberikan dalam kegiatan ini diantaranya Materi pola sikap dan perilaku masyarakat yang ada di sekitar wilayah oleh Staf Dinas sosial Kab.Pemalang Nasifa, Sikap teritorial oleh Danramil 11/Belik Kapten Arh Nasri, Lima kemampuan teritorial oleh Danramil 12/Watukumpul Kapten Inf Heri Purnomo dan materi metode Binter oleh Danramil 13/Pulosari Kapten Arm Andumiyanta.

Materi materi tersebut berpedoman pada Naskah pokok pokok kebijakan Kasad dalam bidang teritorial tahun 2019, yang bertujuan untuk memberdayakan wilayah, menyiapkan segala sesuatu agar dijadikan sebagai pendukung pertahanan Negara didarat dan mampu mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.(Pendim0711/Pemalang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *