Tanamkan Nilai-nilai Kebangsaan, Dandim Pemalang Beri Wawasan Kebangsaan Siswa SMP

Sharing is caring!

Pemalang (BNNews) – Kodim 0711/Pemalang melaksanakan kegiatan sosialisasi Wasbang (wawasan kebangsaan) tingkat SMP dalam rangka Binter (Pembinaan teritorial) Terpadu, dengan tema “Memperdayakan Yang Tangguh Wilayah Pertahanan Melalui Kegiatan Binter Terpadu Guna Memantapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang”, Bertempat di Aula SMP Negeri 4 Pemalang Jl. Sumbing No.2 kel Mulyoharjo Kec/Kab Pemalang, pada Senin (11/11/2019)

Hadir dalam kegiatan tersebut Komandan Kodim 0711/Pemalang Letkol Inf Irvan Christian Tarigan, S.I.P., M. Han, Tim Wasev Binter (Pembinaan Teritorial) terpadu dari Korem 071/Wijayakusuma Kasiren Letkol Inf Sasono dan Pasi Komsos Mayor CBA (K) Roro Sriharjani, Pasiterdim Kapten Inf Sarmin, Kepala sekolah SMP N. 4 Pemalang Drs. Rusmin Spd., Para guru pengajar dan Staf SMP N. 4 Pemalang dan diikuti oleh pengurus OSIS dari SMP se kecamatan Pemalang.

Dalam sambutannya Kepala sekolah SMP N. 4 Pemalang Drs. Rusmin Spd., menyampaikan Dengan mengucap Bismillah marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang mana pada pagi hari ini kita bisa dapat berkumpul di SMP Negeri 4 Pemalang, Alhamdulillah dalam keadaan sehat walafiat.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Dandim yang telah bersedia memberikan materi kebangsaan untuk bekal dan wawasan kepada siswa siswi kami dimana kelak di masa yang akan datang mempunyai bekal untuk menjadi tonggak kepemimpinan untuk masa depan,” Ucap Drs. Rusmin.

Pada kesempatan yang sama Tim Wasev Binter (Pembinaan Teritorial) terpadu dari Korem 071/Wijayakusuma Kasiren Letkol Inf Sasono menyampaikan bahwa timbulnya rasa dan keinginan serta cita cita yang diinginkan pada dasarnya semua harus tanamkan disiplin dari diri sendiri dan tingkatkan semangat belajar dengan rajin supaya cita-citanya bisa tercapai.

“Tingkatkan iman dan taqwa serta selalu terus berdoa kepada Allah SWT agar semua apa yang kita harapkan dan yang di cita-citakan bisa tercapai dan sukses,” Tutur Kasiren.

Letkol Sasono mengucapkan terimakasih kepada kepala sekolah dan para guru serta Staf SMP N 4 Pemalang yang mana sudah menyediakan tempat untuk kami.
Dalam materi Wasbangnya, Komandan Kodim 0711/Pemalang Letkol Inf Irvan Christian Tarigan, S.I.P., M. Han, di hadapan 280 siswa-siswi, menjelaskan 4 Konsensus Dasar Bangsa yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI serta 3 Unsur pokok Wawasan Kebangsaan yaitu Rasa kebangsaan, Paham kebangsaan dan Semangat kebangsaan.

“Semangat juang 1945 diwarnai oleh Pengalaman sejarah diantaranya Nasionalisme atau kebangsaan, nilai-nilai kejuangan, Rasa cinta tanah air, Semangat rela berkorban dan Persatuan dan kesatuan, Demi terwujudnya Indonesian yang berdaulat dan mandiri dan berkepribadian yang berdasarkan gotong royong,” Kata Dandim.

Dandim juga menjelaskan tentang mengapa kesadaran bela negara harus dibangun itu karena adanya ancaman terhadap negara, untuk membangun kesadaran masyarakat dalam menghadapi ancaman, amanah undang undang dan pengamalan sejarah dan budaya bangsa.

“Para Pemuda sebagai generasi bangsa merupakan target dan aktor dalam menjalankan pembangunan untuk itu Wasbang wajib diinternalisasikan ke pemuda “Pemuda adalah motor dari Wasbang itu sendiri, jadi pemahaman ini harus kalian sadari agar tujuan Wasbang kepada generasi muda tercapai,“ Jelas Dandim.

Usai kegiatan Wasbang dilanjutkan dengan Outbond yang dipandu oleh Anggota Kodim 0711/Pemalang.(Pendim0711/Pemalang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *