Komentar Anggota DPRD Kab.Cianjur Tentang Peluncuran ADM (Anjungan Dukcapil Mandiri)

  • Whatsapp

Sharing is caring!

CIANJUR (BN News) – Kementerian Dalam Negeri Tito Karnavian meluncurkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) untuk mempermudah pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk). ADM diluncurkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Hotel Discovery, Ancol, Jakarta Utara, Senin (25/11/2019).

“Sekarang dengan adanya terobosan baru yang dibuat oleh kemendagri Dirjen Dukcapil ini, Anjungan Dukcapil Mandiri bisa mencetak KTP, akta kelahiran, akta kematian, KK, dan lainnya dalam hitungan menit, dan ini akan berkembang di seluruh Indonesia,” ujar Tito seusai peluncuran.

Di kabupaten cianjur sendiri sudah mendengar, kabar terkait meluncurkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Menurut Plt. Kabupaten Cianjur yang diwakili oleh sekda H. Aban Subandi “Pertama Pemerintah Kabupaten Cianjur menyambut baik dengan dilaksanakan perencanaan ADM oleh Bapak Kemendagri, karena dengan adanya adm yang tentu akan mempercepat proses pembuatan e-ktp Kk maupun akta kelahiran, tidak perlu tidak perlu ke disduk sehingga bisa langsung di tempat yang ditentukan.

Sehingga ketika itu juga dapat dibawa atau dapat selesai seperti KK, KTP maupun surat-surat lainnya yang bisa diproses oleh dinas dinas kependudukan. Berhubung program ini baru, kita prioritaskan kepada para camat yang ada di kabupaten Cianjur agar tersosialisasikan kepada masyarakat apalagi di wilayah masyarakat yang jauh dari kota yang masih awam terhadap sistem yang seperti itu dan demikian juga kita mungkin harus koordinasi dengan dinas-dinas terkait yang vertikal agar pelaksanaan ini dapat berjalan dengan lancar seperti apa yang kita harapkan. Pihak pemerintah sendiri mendukung, karena dengan adanya ADM dapat mempercepat proses pembuatan KTP KK maupun akta kematian yang bisa dilakukan oleh mesin tersebut.” Ujar sekda kabupaten cianjur.

Menurut anggota legislative kabupaten Cianjur Bu Geugeu Tintin Martiany Anggota komisi D DPRD kab Cianjur “Saya mendengar dan membaca tentang adanya ADM, berkaitan dengan disdukcapil dalam hal ini masyarakat yang ada di daerah sangatlah membutuhkan bantuan dari pihak pemerintah ataupun tidak perlu dari disdukcapil untuk mengalokasikan dengan adanya mesin ADM yang berkaitan dengan KTP ataupun data-data kependudukan masyarakat. Saya sebagai wakil rakyat komisi 4 menanggapi mengenai pembuatan KTP itu, selalu dipersulit karena apa karena yang namanya KTP itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk setiap jam setiap detik dia dapat digunakan sesuai dengan identitas yang diperlukan oleh masyarakat. Ternyata saya survei ke lapangan Masyarakat khususnya di kabupaten Cianjur itu hampir 50% banyak yang menggunakan KTP sementara. Dengan adanya mesin ADM mungkin masyarakat dapat terbantu dalam pembuatan KTP, maupun hal yang berkaitan dengan administrasi kependudukan.” Ujar beliau.

Menurut pihak dinas kependudukan daan catatan sipil  Aang Sumiarsa S.Ip sebagai Kasi pengolahan dan pengajian data kependudukan “Jadi intinya begini berkaitan dengan ADM yang salah satu inovasi dari Kemendagri dalam rangka pelayanan administrasi kependudukan bahwa nanti untuk pencetakan kartu keluarga kemudian Kia KTP dan akte itu bisa dilaksanakan di anjungan tersebut. Dengan adanya itu, masyarakat dapat mencetak dan memperoleh KK KTP tidak harus ke dinas dukcapil artinya dia bisa datang ke anjungan anjungan dukcapil Mandiri yang disiapkan. Apakah itu mungkin disikapi dari dinas ataupun pemerintah daerah misalnya terbentuk hubungan kerjasama seperti disiapkannya di mal atau misalnya di kecamatan kecamatan sehingga nanti ketika orang memerlukan KK KTP akte kelahiran sipil, mereka tentu tidak perlu datang lagi ke dinas mereka bisa mencetaknya sendiri, karena ini baru dilaunching nanti mekanismenya itu seperti apa karena bagi kami juga itu jadi bahan pertanyaan nanti, apakah ada pengamannya ataukah hanya yang bersangkutan saja yang bias mengoperasikan ADM, kita tidak tahu.” Ujar beliau.

Adapun menurut Kapolres Cianjur AKBP juang Andi Priyanto, S.I.K., S.H., M.Hum. “saya sendiri mendengar dan membaca terkait peluncuran ADM. Menurut saya itu adalah salah satu terobosan yang mana bisa membantu masyarakat dalam hal pembuatan administrasi kependudukan dan Menghindari terjadinya Pungli oleh Oknum yg marak akhir- Akhir ini dan Banyak dikeluhkan oleh sebagian warga Namun semuanya kembali lagi kepada pihak pemerintahan yang mengelola” Ujar beliau.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.