Dandim 1302/Minahasa Tekankan Kepada Kepada peugas Yang Terlibat Untuk Bekerja Secara Opimal.

  • Whatsapp

Sharing is caring!

BN NEWS. Minahasa

Dengan adanya perkembangan situasi tentang Covid-19 yang melanda Dunia saat ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa bersama TNI-POLRI dalam hal ini Komando Distrik Militer ( Kodim ) 1302/Minahasa dan Kepolisian Resort ( Polres ) Minahasa pada Selasa 31/03/2020 pukul 09.27 wita menggelar Apel Kesiapan Gerakan serentak dan Masif Penyemprotan Desinfektan bersama Insatansi terkait, guna menghambat penyebaran Virus Corona di Wilayah Kabupaten Minahasa.

Apel yang digelar di Lapangan Apel Mapolres Kelurahan Wewelen Kecamatan Tondano Barat pada saat itu, Komandan Kodim ( Dandim ) Letkol Inf Slamet Raharjo, S.Sos, M.Si dan Kapolres Minahasa AKBP Denny I. Situmorang, SIK bertindak sebagai Pimpinan Apel dalam membacakan Amanat yang disampaikan oleh Dandim dan Kapolres kepada seluruh peserta Apel dari berbagai Instansi di Kabupaten Minahasa.

Adapun Peserta Apel saat itu antara lain, 1 SST ( Satuan Setingkat Pleton ) Personil Kodim Minahasa, 1 SST Personil Brimob Polda Sulut dan SatLantas Polres Minahasa, 1 SST Personil Satpol-PP Kab. Minahasa, 1 SST Gabungan BPBD dan Damkar Kab. Minahasa serta 1 SSR ( Satuan Setingkat Regu ) Perwakilan Masyarakat Minahasa.

Saat Apel kesiapan tersebut, Dandim dalam amanatnya mengatakan, “Hadirin dan Para Peserta Apel gelar sekalian, Dalam rangka mendukung Keselamatan Masyarakat, diperlukan suatu gerakan Preventif secara Masif dan serentak untuk meminimalisir tingkat penyebaran Covid-19 dengan tidak mengabaikan Keselamatan Diri Sendiri maupun Orang lain, “Ucapnya.

Lanjut Dandim, “Dalam kegiatan penyemprotan yang akan Kita laksanakan serentak saat ini, akan menggunakan seluruh Fasilitas Kendaraan Dinas yang ada, baik dari Kepolisian dalam hal ini Watercanon maupun Kendaraan Dinas lainnya seperti Kendaraan Dinas Pemadam Kebakaran ( Damkar ) dan Sarana pendukung lainnya yang bisa digunakan untuk Kegiatan Penyemprotan Desinfektan, “Tambahnya.

Untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran Covid agar tidak sampai meluas, Dandim juga menghimbau kepada seluruh Peserta Apel agar melakukan langkah Deteksi Dini terhadap Pendatang dari Luar Daerah maupun Masyarakat Asli Daerah yang sedang pulang Kampung mengunjungi Keluarganya,

“Optimalkan Pemerintah Desa maupun Kelurahan bersama Bintara Pembina Desa ( Babinsa ) serta Bhabinkamtibmas dan Intelijen di Wilayah masing-masing dengan memberikan Himbauan kepada Masyarakat agar senantiasa Waspada dan turut serta bersama-sama dalam menanggulangi Covid-19 dengan mentaati Instruksi yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah, ” Pesan Dandim.

Dandim juga berpesan, “Bila ditemukan adanya indikasi Covid-19 di Wilayah Kabupaten Minahasa, agar secepat mungkin dapat melaporkannya kepada Petugas Gabungan, sehingga dapat diambil tindakan guna mendapatkan penanganan khusus dari Pihak Kesehatan, dan untuk saat ini Data Update per tanggal 29 Maret 2020 pukul 07.15 wita bahwa Penanganan Covid-19 di Wilayah Kabupaten Minahasa adalah sebagai berikut , Positif  : 0 Kasus, PDP ( Pasien Dalam Pengawasan ) :1 Orang, ODP ( Orang Dalam Pemantauan ) : 35 Orang, ORANG yang datang dari Daerah terjangkit Covid-19 : 1.085 Orang, Selesai Dipantau : 138 Orang

Lebih lanjut Dandim mengatakan, “Dari Data tersebut, patut Kita mewaspadai dan melakukan langkah-langkah Preventif untuk memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19 dengan melaksanakan Penyemprotan Desinfektan yang akan Kita laksanakan sekarang ini secara serentak dan berkesinambungan pada titik-titik Lokasi yang sudah ditentukan sampai ada Pernyataan Pemerintah bahwa sudah bersih dari wabah Corona, “Jelasnya.

Diakhir amanatnya, Dandim menyampaikan penekanan kepada seluruh Petugas yang terlibat untuk bekerja secara Optimal, Fokus dengan memperhatikan Keselamatan Diri Sendiri maupun Masyarakat Umum, “Ciptakan Harmonisasi secara Sinergi diantara seluruh Stakeholder yang terkait, sehingga Pelaksanaan Kegiatan Penyemprotan dapat berjalan dengan Lancar, Aman dan membuahkan Hasil yang Optimal sesuai harapan

Kita bersama, dan semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan Bimbingan dan Kekuatan kepada Kita dalam melanjutkan Tugas Pengabdian terbaik kepada Masyarakat, Bangsa dan Negara Indonesia, “Tutupnya.

Hadir dalam Apel Kesiapan tersebut diantaranya, Bupati Minahasa diwakili Asisten-1 DR. Deny Mangala, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Slamet Raharjo, S.Sos, M.Si, Kapolres Minahasa AKBP Denny I. Situmorang, SIK, Kadis Kes Kab. Minahasa Dr. Maya Rambitan, M. Kes, Kepala BPBD Kab. Minahasa Novry Lontaan, Kasatpol PP Kab. Minahasa Meydi Rengkuan, Para Camat dan Lurah se Tondano Raya, Personil Kodim Minahasa dan Personil Kepolisian serta Masyarakat Minahasa. ( J Silaban ).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.