DPMPD KABUPATEN CIANJUR MULAI SOSIALISASIKAN SMART VILLAGE

  • Whatsapp

Sharing is caring!

BN NEWS – CIANJUR

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Cianjur kini tengah mulai mensosialisasikan aplikasi “Smart Village” ke seluruh Desa di wilayah Kabupaten Cianjur.

Sekretaris DPMPD Kabupaten Cianjur Asep Kusmana ketika ditemui Belanegaranews.com di sela sela kegiatan sosialisasi di Kantor Balai Desa Peuteuycondong, Kamis 07/01/21 mengatakan, kegiatan sosialisasi Smart Village sudah mulai di laksanakan dengan tujuan di bulan Januari Smart Village bisa segera di aplikasikan,

“Untuk tahun 2020 di aplikasi Smart Village hanya untuk BLT DD saja namun di tahun 2021 ini kita akan gunakan semua nya dan saat ini sedang dilakukan sosialisasi, adapun tujuan di terapkannya aplikasi Smart Village adalah untuk mempermudah pelayanan bagi masyarakat, masyarakat kedepannya bisa mengakses dari rumah lewat HP dalam pengurusan keperluannya,” jelas  Sekdis DPMPD Cianjur.

Smart Village merupakan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kenyamanan, keamanan, efisiensi dan kemampuan kerja dalam memberikan pelayanan yang berkelanjutan serta dapat meningkatkan kehidupan masyarakat Desa khususnya pada aspek Tata Kelola, Tata Niaga dan Tata Sosial Desa.

Acara kegiatan sosialisasi di Kantor Balai Desa Peuteuycondong di hadiri operator Desa atau Sekretaris Desa(Sekdes) dari dua kecamatan yaitu kecamatan Cilaku  dan Kecamatan Cibeber.

Kepala Seksi Pemerintahan dan Pemberdayaan Masyarakat (Kasi PPM) kecamatan Cibeber Yudi Nugraha,S.Pd.,S.IP. yang ikut hadir pada acara kegiatan sosialisasi Smart Village mengatakan,

” Dalam mengikuti era digital dimana semua pelayanan di desa harus berbasis digital aplikasi smart village ini sangat membantu dan akan bisa meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, untuk itu aparat Desa harus mampu menjalankan aplikasi smart village agar pelayanan bisa lebih cepat akurat dan efektif,” ungkap Yudi.

Selain itu ditempat yang sama, Kasi PPM Kecamatan Cilaku  Uhan Yuhana, S.T menuturkan,
” Kita harus memastikan SDM nya itu sendiri yang nantinya akan menjalankan aplikasi Smart Village untuk bisa memahami dan menguasai applikasi tersebut, yang kedua jaringan, alhamdulillah Kecamatan Cilaku dari sepuluh Desa semuanya sudah siap dalam jaringannya, aplikasi smart village ini sangat berguna jika nanti sudah bisa dijalankan,” tutur Uhan.

Reporter  : Taufik winata

Pos terkait