Tiba di Tarakan, Taruna AAL Satlat KJK Bersama KRI Bima Suci Disambut Parade Kapal Nelayan

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Reporter : Peni Kusumawati

Bacaan Lainnya

Sumber : Kabagpen AAL

BNNEWS | KALIMANTAN UTARA

89 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lll Angkatan ke-68, Satuan Latihan Kartika Jala Krida (Satlat KJK) 2021 bersama KRI Bima Suci, disambut meriah perahu-perahu nelayan membentuk formasi parade mengelilingi KRI Bima Suci yang di pimpin oleh Kapal Patroli Lantamal XIII saat tiba di Dermaga Mako Lantamal XIII Jl. Sei Ngingitan, Kelurahan Mamburungan, Kec. Tarakan Timur, Prov. Kalimantan Utara, Kamis (16/9).

Tampak hadir menyambut di dermaga, Wakil Gubernur (Wagub) AAL, Laksma TNI Rudhi Aviantara S.E.,M.Si.,M.Tr (Han) didampingi Wakil Ketua CBS Jalasenastri AAL, Ny. Hesti Rudhi Aviantara, Danguspurla Koarmada II, Laksma TNI Hersan, Wakil Walikota Tarakan, Ketua DPRD Kota Tarakan, Paban III Dikpersal, Dirpers AAL, Dirlog AAL, Wadanlantamal XIII, Danlanud Anang Busra, Kadeppel AAL, Para Asisten Danlantamal XIII, Dandim 0907 Tarakan dan tokoh masyarakat lainnya.

Menurut Perwira Pelaksana Latihan KJK 2021, Letkol Laut (P) Pungki Kurniawan, M.Tr.Opsla mengatakan, usai Dansatgas KJK tahun 2021 yang sekaligus Komandan KRI Bima Suci, Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr.Hanla laporan menyelesaikan pelayaran Etape ke – 7 dari Nunukan ke Tarakan kepda Wagub AAL, dilanjutkan dengan tradisi Tepung Tawar oleh sesepuh suku adat Tidung.

Taradisi ini lanjutnya, merupakan tradisi masyarakat Tidung Pesisir yang diperuntukan kepada orang yang baru pertama kali menginjakan kaki di Bumi Tarakan, sebagai ucapan salam yang di sebut “Ngempalow” yang bermakna memberi salam permisi kepada penghuni yang lebih dulu berada di tempat itu, baik yang terlihat ataupun yang gaib.

Prosesi tradisi ini dengan cara menyentuh tanah dengan satu jari, kemudian diusapkan ke dahi (jidat) lalu mengucapkan mantra mantra dengan bahasa Tidung. Diiringi pula bacaan bacaan sholawat Nabi agar selalu mendapatkan berkah serta tarian Tungal Lingkuda, tarian ini bermaksud menggambarkan suatu penyambutan atau ucapan selamat datang kepada tamu yang di hormati.

Selesai tradisi penyabutan di dermaga, kegiatan dilanjutkan dengan acara penyambutan Wagub AAL, Wakil Komandan Lantamal XIII Tarakan serta forkopimda di Ball Room KRI Bima Suci oleh Komandan Satgas KJK 2021 dan Palaklat KJK Taruna AAL tahun 2021.

Sementara itu di ruang kelas KRI Bima Suci, Para Taruna mendapatkan pengarahan dari Dantim Intel Lantamal XIII Letkol Laut (KH) Herlan Tismara, S.Sos tentang analisis daerah operasi yang ada di wilayah kerja Lantamal XIII dilanjutkan oleh Paban 3 Dik Spersal Kolonel Laut (P) Dr. H. Yudho Warsono, tentang pemanfaatan peluang pendidikan yang di sediakan TNI AL.

Dibagian akhir, Wagub AAL dalam pembekalnnya mengingatkan para Taruna untuk tetap semanagat dan susngguh sungguh melaksanakan latihan pelayaran dengan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

“Manfaatkan waktu untuk belajar, selalu mengisi diri serta menambah wawasan guna mendukung program pemerintah Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh, jadilah senior yang disegani karena kecapan budi pekerti dan penguasaan ilmu pengetahuannya, sehingga dapat dijadikan suri tauladan bagi para juniornya,” pesan Wagub AAL.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *