Kapolsek Sukanagara Kunjungi Tempat Bersejarah di Kampung Cikiruh

  • Whatsapp

Sharing is caring!


BN News | Cianjur – AKP Tio Kapolsek Sukanagara di dampingi Kanit Reskrim Aiptu Suliasdi kunjungi pesantren bersejarah di kampung Cikiruh Desa Sukanagara Kecamatan Sukanagara Kabupaten Cianjur. Kedatangannya di pesantren di sambut langsung oleh sesepuh pesantren Cikiruh Ustd Usep. Senin (23/1/2023)

Bacaan Lainnya

Ustd Usep ini salah satu keturunan dari KH. Achmad Basyari yang memiliki gelar syeh Musa beliau adalah salah satu pendiri pesantren Cikiruh yang terletak di Desa Sukanagara menurut narasumber yang bisa di percaya bahwa KH. Achmad Basyari yang di panggil syeh Musa merupakan guru persiden RI pertama Sukarno.

Sebelum merdeka, presiden Sukarno sempat membuat bendera pusaka merah putih yang sampai sekarang sang saka merah putih peninggalan bung Karno masih ada di pesantren Cikiruh yang dikeluarkannya di hari hari ter tentu untuk dikibarkan di alun alun Tarumanagara Sukanagara.

Selain bendera merah putih, Ustad Usep dan memperlihatkan sang saka merah putih dirinya juga memperlihatkan pusaka pusaka peninggalan persiden pertama yang biasanya pusaka tersebut dikeluarkan oleh sesepuh pesantren pada 12 maulid di tahun masehi. Semua pusaka pusaka jaman purbakala ini untuk di bersihkan sambil melaksanakan ritual dan bertawasul.

Setelah melihat benda benda pusaka AKP Tio bersama Kanit Reskrim dibawa ke makam KH Achmad Basyari untuk berziarah.

AKP Tio menjelaskan dirinya sudah beberapa kali mengunjungi pesantren tersebut. Namun baru kali ini bisa langsung berkomunikasi dengan santai dan dapat melihat langsung dan dan memegang benda benda pusaka peninggalan presiden RI pertama atas ijin sesepuh pesantren. (Ayah Yana)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.