Sertu Sulis Kurniawan Anggota Babinsa 01/Brebes Dikenal Sosok Yang Dekat Dengan Masyarakat

Sharing is caring!

Reporter   : Warto

Sumber.    : Pendim 0713/Brebes

BN News || Brebes~

Adalah Sertu Sulis Kurniawan, Babinsa Koramil 01 Brebes Kodim 0713 Brebes, adalah sosok yang sangat dekat dengan masyarakat desa binaannya yaitu Desa Wangandalem, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Ia pernah dua kali menjadi Babinsa terbaik/teladan di jajaran Kodim Brebes pada tahun 2016 dan 2017, dimana penghargaan itu diberikan langsung oleh Pangdam IV Diponegoro kala itu, Mayjen TNI Tatang Sulaiman, sekarang purnawirawan TNI AD berpangkat Letnan Jendral dengan jabatan terakhir sebagai Wakasad (2017—2020).

Penghargaan itu berkat penguasaan wilayah teritorial desa binaannya kala itu, Desa/Kecamatan Banjarharjo saat berdinas di Koramil 14 Banjarharjo sejak tahun 2015 sampai 2019.

Ia sangat menguasai 5 kemampuan teritorial yaitu Temu Cepat dan Lapor Cepat, Manajemen Teritorial, Penguasaan Wilayah baik geografi maupun demografi, Pembinaan Perlawanan Rakyat, dan kemampuan Komunikasi Sosial (komsos).

Pun di dunia pendidikan, saat menjadi Babinsa Banjarharjo ia adalah Pamong Pramuka Saka Wira Kartika, dan juga pembina karang taruna, anggota Linmas, Pemuda Pancasila, serta komunitas motor RX King (Kober) Banjarharjo.

Wajar jika ia benar-benar dikenal warga desa binaannya baik anak-anak, pemuda, hingga tua.

Di Desa Banjarharjo juga, bapak empat anak ini mengadopsi anak perempuan yatim, Bella Claudia (9), anak kelas 3 SD yang bapaknya meninggal dunia dan ibunya hanya bekerja sebagai buruh tani Perhutani. Kini, anak kelima Sertu Sulis ini sudah berumur 13 tahun dan bersekolah di SMPN 1 Brebes.

Selain itu, kelurga besar sersan tersebut juga mengangkat dua orang anak asuh, yakni Safa (14) SLTPN 1 Brebes, anak seorang tukang rosok asal Kelurahan Gandasuli, dan juga Jihan (14) SLTPN 1 Brebes, anak warga kurang mampu dari Desa Wangandalem.

Sis Dwi Yulianti (34) yang merupakan istri dari Sertu Sulis, sangat mendukung apa yang dilakukan suaminya itu. Ia yakin sekali bahwa Tuhan YME pasti memberikan rejeki yang lebih untuk membiayai merawat dan membiayai sekolah anak angkatnya itu, maupun membiayai sekolah kedua anak asuhnya tersebut.

Saat ini Sertu Sulis berdinas di Koramil 01 Brebes sejak tahun 2019-sekarang. Dan membina dua desa, Desa Randusanga Wetan dan Desa Randusanga Kulon.

Di kedua desa ini, dirinya aktif membina karang taruna, termasuk mitra Pokdarwis Obyek Wisata Pantai Randusanga Indah (Parin) Brebes yang terletak di Desa Randusanga Kulon.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.