Kapolda Papua Resmikan Ksatrian Nathalis Yame Fakhiri & Gedung Utama Mako Kompi II Batalyon D Pelopor Satbrimob

Sharing is caring!

Reporter  : Hendrikus K

Sumber    : Bidhumas Polda Papua

BN News || Jayapura~

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K., didampingi PJU Polda Papua, Forkopimda Kabupaten Mappi melakukan giat peresmian Ksatrian Nathalis Yame Fakhiri & Gedung Utama Mako Kompi II Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Papua, Sabtu (26/3).

Bupati Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu dalam penyampaiannya mengucapkan selamat datang dan selamat atas kepercayaan yang diberikan negara kepada Bapak Kapolda Papua, putra kebanggaan masyarakat Papua wilayah Selatan.

“Tentunya ini menjadi catatan sejarah, bagaimana putra asli Mappi bisa menjabat menjadi Kapolda Papua dan ini belum tentu kembali terjadi dalam 100 tahun kedepan,” kata Bupati.

Lanjut Bupati, Kehadiran Bapak Kapolda Papua di Distrik Edera tentunya memberikan pesan sebagai simbol pemersatu masyarakat Tanah Papua khususnya di wilayah Selatan. Saya berharap agar kedepan, putra putri Mappi bisa menjadi generasi penerus Bapak Kapolda bahkan bisa lebih dari beliau.

Pada kesempatan yang sama Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K. mengucapkan selamat kepada kompi-2 Batalyon D Pelopor Sat Brimob Polda Papua atas berdirinya rumah dinas tipe 38 m2 sebanyak 20 unit dan ucapan terima kasih kepada pemerintah kabupaten mappi yang sudah menghibahkan Gedung Utama Kompi-2 serta Keluarga Besar Fakhiri yang berjasa menghibahkan tanahnya untuk Sat Brimob Polda Papua.

“Untuk itu pemerintah pusat terus membangun markas komando, perumahan dan sarana prasarana lainnya untuk polri dengan harapan anggota polri secara khusus Satuan Brimob Polda Papua mampu meningkatkan kinerja, moril, kebanggaan, spirit pengabdian terhadap tugas dan tanggung jawab yang diemban yaitu memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat,” ucap Kapolda Papua.

Kapolda menambahkan Pengembangan sarana prasana untuk Sat Brimob Polda Papua akan terus dibangun secara ideal, pada tahun 2022 Sat Brimob Polda Papua akan mendapatkan anggaran melalui APBN dan SBSN untuk pembangunan Rumah dinas tipe 38 m2 sebanyak 20 unit untuk Batalyon A Pelopor di jayapura dan 30 unit untuk Batalyon D Pelopor di Merauke. Ini merupakan wujud perhatian pimpinan polri dalam rangka peningkatan sarana prasarana pada Satuan Brimob Polda Papua.

“Kami juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh anggota Kompi-2 Batalyon D Pelopor Sat Brimob Polda Papua atas pengabdian, dedikasi dan kontribusinya yang telah ditunjukkan selama ini, dalam mendukung keberhasilan tugas pokok kepolisian yaitu penanggulangan gangguan kamtibmas berintensitas tinggi di wilayah Provinsi Papua khususnya Kabupaten Mappi,” pungkas Kapolda Papua.

Dirinya juga mengatakan agar dapat melaksanakan tugas, tanggung jawab dan kewenangan yang diberikan oleh negara secara konsisten, tegas dan humanis, dengan tetap mengedepankan rasa empati dan kesadaran, bahwa keberadaan satuan brimob polda papua di tengah masyarakat adalah untuk dapat memberikan rasa aman dan tentram.

“Saya juga berharap, dengan hadirnya kompi ini bisa bermanfaat untuk melayani masyarakat Mappi, Boven, Asmat dan juga sebagai pusat pelatihan untuk menciptakan bibit bibit anggota Polri dan pengambangan SDM di Papua bagian Selatan,” tutup Kapolda Papua.

Diakhir kegiatan dilaksanakan Penandatangan prasasti Ksatrian Nathalis Yame Fakhiri & Gedung Utama Mako Kompi II Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Papua oleh Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K. didampingi PJU Polda Papua dan Forkopimda Kabupaten Mappi.

Pada kesempatan tersebut Kapolda Papua juga menyerahkan dari Bapak Kapolri secara simbolis kepada perwakilan tokoh masyarakat Distrik Edera Kabupaten Mappi serta penyerahan piagam penghargaan Majelis Daerah KA HMI Kabupaten Mappi oleh Wakil Bupati Mappi, Jaya Ibnu Suud S.T. kepada Danki II Kompi D Satbrimob Polda Papua, AKP Afrah, S.Ikom.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.