Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pangdam III/Slw Lakukan Peninjauan Udara DAS Citarum

Sharing is caring!

BN NEWS, Kab. Bandung || Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Mohammad Fadjar, MPICT., bersama Pj Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin dan Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus melakukan peninjauan udara pada rangkaian acara puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 yang diselenggarakan di Taman Icon Sektor 8 Citarum Harum Ds. Nanjung Kec. Margaasih Kab. Bandung, Kamis (20/06/2024).

Bacaan Lainnya

Kegiatan diawali dengan peninjauan udara untuk melihat perkembangan kondisi lingkungan sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. Rute yang diambil melewati wilayah udara Bendung Wanisagara, Cisaat, Ciparay, Sapan, Baleendah, Margahayu, Margaasih, Terowongan Nanjung dan Jembatan BBS Batujajar.

Dengan mengambil tema “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan” menjadi pengingat bahwa dalam penyelesaian masalah iklim harus dilakukan melalui berbagai karya inovatif. Termasuk dalam pemulihan lahan dapat dilakukan dengan melibatkan teknologi kreatif.

Peringatan Lingkungan Hidup Sedunia tidak hanya menjadi agenda rutin, tetapi hendaknya ada upaya nyata untuk pemulihan lingkungan setiap tahun dengan melibatkan peran aktif masyarakat luas.

“Seluruh elemen masyarakat di Jabar diharapkan dapat mengubah perilaku untuk tidak membuang sampah sembarangan ke sungai. Seberapa canggih alat pengolah sampah yang digunakan, jika masyarakat tidak mengubah pola pikir dan perilaku dalam membuang sampah akan sia-sia,” Tegas Pj Gubernur.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia dijadikan pengingat untuk meningkatkan kepedulian terhadap isu-isu lingkungan. Hal ini juga dapat mendorong masyarakat untuk mengambil tindakan riil melalui sebuah aksi dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan pemberian penghargaan kepada pemenang lomba Video Best Practice Pengelolaan Persampahan. Sedangkan pada lokasi acara juga digelar berbagai stand pameran tentang Environment Fair.

Pada penghujung kegiatan, Pangdam III/Slw bersama Pj Gubernur Jabar dan Kapolda Jabar melaksanakan aksi peduli lingkungan DAS Citarum dengan melakukan penanaman pohon dan penebaran benih ikan. (Pendam III/Siliwangi).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.