Peringati World Oral Health Day : PT PIM Digandeng PDGI Lakukan Edukasi Siswa Belajar Cara Sikat Gigi

Sharing is caring!

BN NEWS II ACEH UTARA – Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Aceh Utara-Lhokseumawe meluncurkan kampanye belajar cara sikat gigi “A Happy Mouth is A Happy Body”, dalam rangka memperingati World Oral Health Day (WOHD) atau Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2024, bertempat di SD IT Iskandar Muda, Komplek PT PIM, Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Senin (22/072024).

Kegiatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia yang diikuti ratusan siswa SDIT Iskandar Muda, bertujuan untuk mengedukasi menjaga kebersihan kesehatan gigi sekaligus meningkatkan pembiasaan menyikat gigi bagi anak Sekolah Dasar. Kerusakan hingga penyakit pun kerap timbul akibat tak memerhatikan kebersihan gigi. Tak jarang kerusakan mulai terjadi sejak usia dini.

Bacaan Lainnya

Usia anak SD itu rentan terjadi kerusakan gigi, sebab di masa-masa itu anak sedang doyannya mengonsumsi jajanan yang kurang baik. Kontrol Guru dan orangtua pun sangat jarang. Pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut bagi anak usia dini mempengaruhi derajat kesehatan secara keseluruhan. Di antaranya meliputi langkah menggosok gigi dengan baik dan benar serta waktu yang tepat untuk menggosok gigi. Cara menggosok gigi berpengaruh terhadap hasil yang didapatkan.

Koordinator Bidang TJSL Dept. TJSL & Humas PT PIM Jufri menyebutkan, ini salah satu program unggulan kita bidang Kesehatan “AKSA” (Aku Sehat) yang secara berkelanjutan kita lakukan setiap tahunnya, pada kesempatan ini kita koloborasi dengan PDGI Aceh Utara-Lhokseumawe menggelar sosialisasi dibindang kesehatan mulut dan gigi bagi anak-anak sekolah di Yayasan Kesejahteraan Karyawan Pupuk Iskandar Muda (YKK PIM) Kecamatan Dewantara yang targentnya hari ini sekitar 500 ratusan peserta didik hadir melakukan kegiatan edukasi pentingnya menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di usia dini dan cara sikat gigi yang baik dan benar.

“Untuk kesekian kalinya Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Aceh Utara-Lhokseumawe menggandeng kita PT Pupuk Iskandar Muda melakukan program WOHD untuk sama sama memastikan generasi muda kita yang akan datang mengerti cara menjaga kesehatan giginya karena Kesehatan gigi juga bisa mempengaruh terhadap kesehatan bidang lainnya. Ini salah satu konsen kita di program TJSL PT Pupuk Iskandar Muda yang setiap tahun kita lakukan, Program TJSL tidak terbatas bidang pemberdayaan masyarakat saja, banyak program menurut bidang yang kita jalankan Kerjasama dengan instansi/Lembaga terkait, ada beberapa program yang kita jalankan dibidang Kesehatan seperti “JUSBER PIM” (Jumat Sehat Bersama PIM) dan salah satu program unggulan kita adalah yang hari ini kita laksanakan, kita sangat peduli terhadap generasi muda supaya generasi muda kita tumbuh sehat dan apa yang menjadi cita-cita mereka tidak terkendala dengan kesehatan nantinya,” kata Jufri.

Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Aceh Utara-Lhokseumawe drg. Dicky Fachriza.,MKM mengatakan, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia, juga kami pilih waktunya bertepatan Hari Anak Nasional yang mana program ini diinstruksikan dari Pengurus Besar PDGI dengan temanya “A Happy Mouth is A Happy Body”. Kegiatan belajar cara sikat gigi atau WOHD sejalan dengan program TJSL & Humas PT Pupuk Iskandar Muda yaitu AKSA (Aku Sehat). Kami menggandeng berkolaborasi dengan PT PIM untuk memberi kesehatan penyuluhan dan edukasi sikat gigi kepada ratusan siswa SDIT Iskandar Muda.

“Target peserta 500 siswa dari kelas 1 sampai kelas 6, dimana itu fase rentan usia 6 sampai 12 tahun. Karena pada saat masa masa penting, gigi dan mulut anak itu harus dijaga, supaya tumbuh kembang itu baik, sehingga mereka sehat dan bisa mandiri untuk membersihkan gigi dan mulutnya. Sehingga kedepan mereka bisa kita persiapkan untuk menyonsong indonesia emas 2045,” kata Dicky.

Kegiatan WOHD turut dihadir 70 dokter gigi yang ikut berpartisipasi baik yang dari intership, dokter gigi senior, dan dokter gigi yang ada di wilayah Aceh Utara dan Lhokseumawe semua berkumpul disini untuk memberikan support dan dukungannya agar kegiatan teesebut sukses dan lancar.

  1. Ama Robby

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.