Pipanisasi Kodim 0713 Brebes, Inovasi Cegah Krisis Air

Sharing is caring!

BN News. Brebes || Merespons terhadap kekeringan yang melanda Dukuh Sukajaya, Desa Jipang, Kecamatan Bantarkawung, Komandan Kodim 0713 Brebes Letkol Infanteri Sapto Broto, S.E., M.Si mengambil langkah proaktif dengan membangun pembuatan bak penampungan air dari Bendungan Petahunan untuk mengairi sawah seluas 52,29 hektar. Kamis (25/07/2024).

Bacaan Lainnya

Dandim Letkol Infanteri Sapto Broto, S.E., M.Si, menyatakan bahwa program ini merupakan inisiatif pemerintah melalui TNI AD untuk membantu warga dalam menghadapi kesulitan akses air bersih dan diperuntukan lahan sawah yang musim kemarau sangat membutuhkan.

“Ini adalah bentuk kepedulian kita untuk membantu masyarakat mengatasi musim kemarau. Saya telah menugaskan jajaran di koramil untuk menemukan posisi warga yang membutuhkan bantuan air,” jelas Dandim saat mengecek tempat Pipanisasi.

Pipanisasi ini, menurutnya, memiliki manfaat berkelanjutan karena air ini berasal dari Bendungan Petahunan dengan kapasitas yang sangat besar.

“Langkah ini tepat untuk membantu warga yang kesulitan air bersih. Kita mencari lokasi pengambilan air yang cukup dan dapat dimanfaatkan, memasang pipa yang akan melewati Desa Jipang dan Desa Pengarasan, bisa melayani kurang lebih 200 KK dan lahan sawah 52, 29 hektar,” tambahnya.

Dandim menekankan bahwa program ini akan diperluas ke desa-desa lain yang juga mengalami kesulitan air untuk pertanian.

“Kita akan terus mencari solusi karena TNI Angkatan Darat selalu berada di tengah-tengah kesulitan rakyat, berusaha mencari solusi terbaik,” imbuhnya.

“Program ini dari Kepala Staf Angkatan Darat yang ingin membantu kesulitan rakyat untuk pertanian dan kebutuhan sehari-hari”. Tutup Dandim.

Selain memberikan bantuan fisik, Letkol Infanteri Sapto Broto, S.E., M.Si juga mengajak masyarakat Desa Jipang dan Desa Pengarasan untuk bersama-sama menjaga dan merawat penampungan air dan jalur pipanisasi tersebut agar manfaatnya dapat dirasakan tidak hanya saat ini, tetapi juga untuk masa mendatang.

H. Ahmad Nirom Kepala Desa Pengarasan, mengungkapkan betapa sulitnya mendapatkan air untuk pertanian dan kebutuhan lainnya.

“Alhamdulillah, kami mendapat bantuan pipanisasi air bersih dari Kasad melalui Kodim 0713 Brebes. Terima kasih kepada TNI yang telah membantu kami,” ucap Ahmad Nirom. (Pendim 0713/Brebes//Warto).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.