Hari Ini Pertandingan Pacu Kuda PON XXI di Gelanggang HM Hasan Gayo Siap Digelar, Ketum KONI Dan Pj Gubernur Papua Hadir

Sharing is caring!

BN NEWS II ACEH TENGAH – Technical Delegate (TD) Pacu Kuda Fauzan Haviz, SE., MBA., MALS., MM atau dikenal Andi Fauzan tegaskan rangkaian pertandingan Pacu Kuda pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 hari ini siap digelar.

Pertandingan akan dilaksanakan pada hari ini dan besok. Dalam pertandingan pacu kuda ini, Para kuda dan joki akan melintas arena sepanjang 1400 meter dengan 27 hektar luas gelanggang pacu kuda Dataran Tinggi Gayo, yaitu Gelanggang Haji Muhammad Hasan Gayo, do Kampung Blang Bebangka, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Takengon, Aceh Tengah.

“Iya, kesiapan panitia pelaksana Cabang Olahraga Berkuda pada PON XXI Aceh-Sumut 2024 ini sudah 100 %, yakni sejak dari proses awal hingga hari pembukaan dihari ini dan Insya Allah hingga akhir pertandingan nanti,” ujar Andi Andi kepada BNNEWS.com, Rabu, (11/09/2024).

Lebih lanjut Andi menjelaskan, bahwa semua tim panitia pelaksana sudah siap melaksanakan pagelaran pertandingan gabungan Pacu Kuda profesional dan Pacu Kuda tradisional dengan jumlah total sebanyak 16 race ini.

“Keikutsertaan Pacu Kuda Tradisional dalam rangka menambah semarak acara PON XXI ACEH-SUMUT 2024, karena pacu kuda adalah sebuah tradisi yang turun-temurun khususnya di Takengon Aceh Tengah dan umumnya di Nangroe Aceh Darussalam yang kita cintai ini,” imbuh Andi.

Diterangkan Andi, bahwa infrastruktur gelanggang pacu kuda untuk venue PON Ke XXI ini sudah disiapkan dengan maksimal.

“Semua sarana dan prasarana pendukung yang terkait selama pertandingan cabang olahraga berkuda Pacu PON XXI sudah kita persiapkan, diantaranya dataran track pacu, tribun penonton, ruang atlit, ruang official, tower pemantau, kandang kuda dan lain sebagainya. Termasuk juga dengan kesiapan tim kesehatan hewan maupun tim kesehatan dan keselamatan atlet untuk semua kontingen,” terang Andi.

Meski demikian Andi tidak memingkiri terkait adanya sisi kecil yang masih dalam proses pengerjaan atau finishing pengeejaannya.

“Tapi proses finishing pekerjaan itu tidak menghalangi panitia, kontingen serta masyarakat untuk ikut dan menyaksikan pertandingan cabang olahraga berkuda Pacu PON XXI dengan baik dan bagi masyarakat yang menonton, tidak dipungut biaya alias gratis,” tegas pria asal Sumbar itu.

Untul diketahui, sebanyak 11 kontingen akan berlaga di race gelanggang pacu kuda HM. Hasan Gayo Takengon nanti, 11 kontingen tesenut adalah, Kontingen Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan dan Kontingen Sulawesi Utara. Dengan jumlah kuda sebanyak 117 ekor yang akan dibagi kedalam 10 kelas.

Hari ini, Rabu, (11/09) sebagai hari pembukaan, akan  berlaga diantaranya;
Race I Kelas (F) 1000 meter,
Race II Kelas (D) 1000 meter,
Race III Kelas (C) 1100 meter,
Race IV Kelas (B) 1200 meter,
Race V Kelas (A) 1300 meter.

Sementara besok, Kamis, (12/09) dihari penutup, akan berlaga diantaranya;
Race I Kelas (E) 1200 meter,
Race II Kelas (D) 1400 meter,
Race III Kelas (C) 1600 meter,
Race IV Kelas (B) 1850 meter,
Race V Kelas (A) 2200 meter.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, acara pembukaan Cabor Berkuda PON Ke XXI Aceh – Sumut 2024 hari ini akan dihadiri oleh Ketua Umum KONI Letjend Purn Marcelino Norman, Pj Gubernur Papua Pegunugan, Velix Wanggai dan juga dari pejabat Provinsi Aceh.

Ama Robby

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.