DLH Kabupaten Bogor Verifikasi Kampung Ramah Lingkungan di Kampung Babakan Pakuan Desa Cijayanti

Sharing is caring!

BN News. Babakan Madang || Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor bersama tim verifikasi melakukan verifikasi lapangan terhadap Kampung Ramah Lingkungan (KRL) di Kp. Babakan Pakuan RT 001 RW 06, Desa Cijayanti, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Rabu (18/09/2024).

Bacaan Lainnya

Dalam pelaksanaan verifikasi lapangan Kepala Desa Cijayanti mendampingi Ketua tim verifikasi dari DLH Kab. Bogor beserta timnya, melakukan peninjauan dan penilaian Kampung Ramah Lingkungan di Kp. Babakan Pakuan RT 001 RW 06.

H. Ahmad Paojan, S.Kep Kepala Desa Cijayanti saat menyampaikan ke awak media, Alhamdulillah penilaian hari ini berjalan dengan lancar, harapannya di setiap wilayah terbinalah dengan adanya Kampung Ramah Lingkungan ini masyarakat lebih sadar terhadap kebersihan, kenyamanan lingkungan dan keindahan lingkungan. Soalnya kan kita sekarang sudah pemanasan global.

“Kedepannya lebih ditingkatkan lagi dan masyarakat lebih sadar dan guyub, semoga Desa Cijayanti menjadi juara 1 sebagai Kampung Ramah Lingkungan,” Harapannya.

Disamping itu, Ketua Tim Kemitraan dan Peran Serta Masyarakat DLH Kabupaten Bogor, Surya Sumini, menjelaskan bahwa hari ini kami lagi memverifikasi lapangan Kampung Ramah Lingkungan di RT 001 RW 06, Desa Cijayanti ini adalah hari yang ke 4.

Kami melakukan kegiatan di 39 kecamatan sebanyak 340 Kampung Ramah Lingkungan yang akan kami verifikasi dengan 5 tim yang kami kirimkan dengan dibantu SKPD terkait, yaitu dengan Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Tanaman Pangan dan Dinas DPMD juga ikut serta sebagai tim verifikasi KRL.

“Semoga verifikasi KRL di Desa Cijayanti RT 001 RW 06 ini, akan membawa perkembangan baik untuk RT – RT yang lain. Dan kita apresiasi kepada Kepala Desa Cijayanti yang sudah mengelola sampahnya dengan baik, yaitu dengan melalui BUMDESnya,” Ucapnya.

Saat melakukan tim verifikasi lapangan disajikan hasil karya masyarakat yaitu ramuan jamu buatan istri ketua RT 001 RW 06 Bapak Joni Sidiq, semua yang hadir pun ikut mencobanya.

“Kedepannya kami sebagai warga cijayanti semakin guyub dan meningkat semua fasilitas, terutama untuk kesejahteraan masyarakat dan ketahanan pangannya semakin ditingkatkan lagi ke setiap rumah – rumah lebih bertahan, untuk ketahanan pangannya terutama sayuran dan ikan – ikan semua warga harus mempunyai setiap rumahnya,” Harapan Ujang Sukma Tagana Kab. Bogor yang juga sebagai warga Desa Cijayanti.

Kegiatan ini di akhiri dengan acara makan siang bersama dan foto bersama. Kemudian tim verifikasi KRL bergeser ke Desa lain yang juga di lakukan kegiatan verifikasi lapangan.

Kegiatan ini dihadiri oleh H. Ahmad Paojan, S.Kep Kepala Desa Cijayanti, Komarudin, S.A.P Sekdes, Surya Sumini DLH Kab. Bogor beserta tim verifikasi KRL, Perangkat Desa Cijayanti, Mulyadi, S.Si Kadus 1, Iswanto Kadus 2, Anggota BPD Cijayanti, Ujib Ketua LPM, M. Badrudin Ketua Bumdes, Serda Junaedi Babinsa Cijayanti, Andri Satpol PP Cijayanti, Obay Satgas PB Cijayanti, Ujang Sukma Tagana Kab. Bogor, Kader Posyandu, Ketua RT-RW, Rudi Belang Ketua Paguyuban Sadulur Cijayanti beserta anggota, Marijon Ketua TPU Wijaya Kusuma 1 beserta jajarannya, dan masyarakat sekitar.

Bahwa verifikasi ini meliputi aspek pengelolaan sampah, penghijauan, pemanfaatan sumber daya alam, serta partisipasi masyarakat dalam kegiatan lingkungan. Keberhasilan program KRL ini berkat dukungan berbagai pihak, termasuk pemerintah desa, tokoh masyarakat, dan seluruh warga. (Suyatno).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.