Dandim Pemalang Serahkan Bantuan Bibit Padi, Jagung dan Pupuk Secara Simbolis Kepada Gapoktan

Sharing is caring!

BN News. Pemalang || Untuk mendukung program ketahanan pangan, Komandan Kodim (Dandim) 0711/Pemalang Korem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Muhammad Arif, S. Hub. Int., menyerahkan bantuan bibit padi, jagung dan pupuk secara simbolis kepada Gapoktan kecamatan Bodeh, Ampelgading, Bantarbolang dan Randudongkal, Kamis (19/9/2024).

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Oerip Soemohardjo Makodim 0711/Pemalang yang dihadiri Kasdim 0711/Pemalang Mayor Cba Eko Budi Sardjono, Staf Ahli Panglima TNI Prof. Maman, Kepala Dinas Pertanian Kab. Pemalang Prayitno, S. Hut. MM., beserta staf, Pasiter Kodim 0711/Pemalang Kapten Inf Heri Purnomo, Para Danramil yang wilayahnya mendapatkan bantuan bibit dan pupuk, Para Gapoktan dari Kec. Bodeh, Ampelgading, Bantarbolang dan Randudongkal.

Pada kesempatan tersebut, diserahkan bantuan berupa bibit padi sebanyak 6,250 Kg, bibit jagung sebanyak 500 Kg dan 500 paket pupuk terdiri dari fungisida, pupuk cair dan disinfektan. Ini merupakan tahap awal program nyata yang akan dilaksanakan oleh TNI di bidang pertanian/ketahanan pangan dan diharapkan menjadi sentral dan percontohan untuk pengembangan pertanian di Pemalang.

KadinPertan Kabupaten Pemalang Prayitno, S. Hut. MM., mengatakan bahwa kedepan TNI akan banyak program yang nyata dibidang pertanian/ketahanan pangan dan saya meyakini dan percaya dengan program-program yang dilaksanakan oleh panglima TNI.

Menurutnya, bibit padi yang diserahkan percaya saja hasilnya lebih baik dari bibit yang seperti biasa, yang penting sesuai SOP, ini tidak cuman bantuan bibit saja ada pupuk juga.

Kepala Dinas Pertanian meminta kepada para petani agar mau bekerjasama untuk mewujudkan Pemalang baldatun toyibatun warobun ghofur.

Sementara Staf Ahli Panglima TNI Prof. Maman menyampaikan bahwa bibit yang diserahkan TNI merupakan bentuk kepedulian yang diberikan kepada para petani Indonesia secara keseluruhan.

Selanjutnya Prof. Maman juga menegaskan bahwa kepercayaan dari Panglima TNI harus dijaga agar program-program tersebut dapat berjalan dengan sukses.

Sementara pada kesempatan yang sama Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Muhammad Arif, S. Hub. Int mengajak para petani untuk bekerja sama dalam menanam bibit padi dan jagung yang telah diserahkan.

Lebih lanjut menurut Dandim penanaman pertama bibit jagung 250 Kg dan padi 250 Kg sebagai tanda pembukaan akan dilakukan pada tanggal 23 September 2024 oleh bapak Danrem 071/Wijayakusuma di desa Kuta Kecamatan Bantarbolang.

Dandim juga berpesan untuk menjaga kesuksesan program ini kepada semua pihak termasuk bapak-bapak semua dan para Babinsa agar dapat bekerja sama secara optimal.

Program ketahanan pangan yang digulirkan oleh TNI ini terlihat sangat proaktif dan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para petani di Pemalang. Namun, program ketahanan pangan ini tidak akan berhasil tanpa adanya bantuan dari semua pihak seperti dinas pertanian, Babinsa, dan PPL. Kerjasama antara semua pihak ini akan memastikan kesuksesan dan pengembangan program tersebut di masa depan. (Pendim 0711/Pemalang//Warto).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.