Kodim 0713/Brebes Gelar Karya Bakti Bersihkan Sampah dan Sungai di HUT Ke-79 TNI

Sharing is caring!

BN News. Brebes || Wujudkan kepedulian dan peran serta satuan jajaran TNI AD antara masyarakat, Kodim 0713 Brebes gelar Karya Bakti TNI dalam rangka HUT Ke 79 TNI, guna mempercepat perkembangan pembangunan diwilayah Brebes, serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Acara Karya Bakti di Pasar Induk Brebes dan pembersihan aliran sungai. Jum’at (20/09/2024).

Bacaan Lainnya

Karya Bakti TNI merupakan bentuk nyata dari komitmen TNI untuk mendukung pembangunan nasional dan mempererat hubungan dengan masyarakat. Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari semangat gotong royong, kerjasama, dan kebersamaan. HUT Ke 79 TNI bertajuk “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”.

Komandan Kodim 0713 Brebes Letkol Inf Sapto Broto, S.E., M.Si. mengatakan, ” Karya Bakti TNI dimaksudkan untuk membantu kebersihan dan keindahan serta mengantisipasi banjir jelang musim penghujan, selain itu juga dilakukan pembersihan fasilitas umum milik masyarakat seperti tempat ibadah dan lainnya guna membantu percepatan pembangunan di daerah, serta mewujudkan sasaran pembinaan teritorial “. paparnya.

“Di hari ulang tahun TNI, kami dari Kodim melaksanakan Karya Bakti yang tersebar di seluruh 17 koramil jajaran yang ada di kabupaten Brebes secara serentak, dimana karya bakti ini adalah membantu masyarakat untuk meningkatkan perekonomian yang ada di wilayah Brebes dikarenakan mempunyai potensi yang lebih besar ”, ucap Dandim.

Karya Bhakti TNI ini dilaksanakan dengan semangat kebersamaan dan kegotongroyongan akan dapat memberikan kemudahan untuk mengatasi permasalahan yang kita hadapi serta dapat mensejahterakan masyarakat.

Sementara Abdul Kholik (57) pedagang di pasar Induk Brebes mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada TNI dan seluruh aparat serta dinas dan juga relawan yang telah membantu membersihkan lingkungan pasar dan sungai disini, sebab sebelumnya sangat kumuh dan kotor.

“Alhamdulillah sekarang sudah bersih dibantu TNI, sebelumnya sangat kotor dan kumuh, terima kasih TNI, saya juga menghimbau untuk pembeli maupun penjual di pasar Induk Brebes agar membuang sampah pada tempatnya sehingga tidak menumpuk dan berserakan”. Tuturnya.

Sungai yang kotor dan bau di pasar induk Brebes kemudian disemprot cairan Mikroba PA 63 Garuda 0713 yang mengurai bau busuk dan sekarang tidak lagi.

Bau busuk yang menyengat sepanjang aliran irigasi pasar induk Brebes direspon serius oleh Dandim 0713 Brebes bersama Forkompinda Brebes.

Bahkan, Dandim Letkol Inf Sapto Broto menyemprotkan langsung 5.000 liter dan puluhan galon air bercampur mikroba PA 63 Garuda 0713 dalam aliran irigasi mengunakan dua unit mobil di sejumlah titik dengan tujuan untuk menetralisasi kontaminasi dengan memanfaatkan mikroba untuk mengurai pencemaran air saluran irigasi.

Selain untuk mengendalikan polusi lingkungan dengan menghilangkan bau busuk serta pemulihan organisme aliran irigasi, pemanfaatan mikroba PA 63 Garuda juga menjadi solusi pemulihan pencemaran secara alami. Sebab, tidak menggunakan bahan kimia tapi justru memanfaatkan mikroorganisme untuk mengurai bahan polutan. Bahkan, penggunaan mikroba sebagai pengurai bisa digunakan untuk pertanian, tambak maupun perkebunan. (Pendim 0713/Brebes//Warto).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.