Ratusan Warga 4 Desa Genting Sepakat Menangkan Hamas, Hail Yoga : UMKM Prioritas Kita

Sharing is caring!

BN NEWS II TAKENGON – Ratusan warga dari 4 desa sekitaran Kampung Genting, Kecamatan Silih Nara, Aceh Tengah sepakat menangkan paslon Haili Yoga dan Muchsin Hasan untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tengah 2024-2029.

Kesepakatan ini disampaikan warga yang terdiri dari 4 kampung tersebut, yaitu Kampung Genting Gerbang, Mulie Jadi, Terangengon dan Jerata dalam pertemuan silaturahmi bersama pasangan calon bupati yang brtagline “Hamas” tersebut, disalah satu gudang kopi di Kampung Genting Gerbang, Jum’at, (27/09/24).

Dalam pertemuan tersebut, masyarakat mempertanyakan solusi penanganan masalah sampah yang telah menjadi polemik dalam jangka waktu beberapa tahun kebelakngan ini.

Sebagaimana untuk diketahui, Kampung Genting adalah kawasan yang selama ini dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah, yang telah menimbulkan masalah ditengah masyarakat dikarenakan penanganannya yang dianggap kurang profesional sehingga berdampak tidak baik pada masyarakat sekitar.

Selain terkait sampah, masyarakat juga meminta solusi kepada paslon Hamas terkait perkembangan dan kemajuan beberapa sektor andalan pendapatan masyarakat setempat, seperti sektor perkebunan, pertanian, industri dan UMKM.

Tokoh Masyarakat Kampung Mulie Jadi, Armi Jona Hakim mewakili masyarakat Mulie Jadi mempertanyakan solusi terkait sampah. Sementara Suryadi sebagai perwakilan masyarakat Kampung Genting Gerbang mempertanyakan solusi terkait pengembangan dan peningkatan sektor-sektor pendapatan masyarakat setempat pada umumnya.

“Dalam kesempatan ini, mewakili masyarakat 4 desa ini, kami nyatakan bahwa kami siap mendukung dan memenangkan Hamas untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tengah priode 2024-2029 ini, namun kami berharap solusi dari Hamas terkait penganan sampah diwilayah kami ini,” ujar Armi Jona.

Hal senada juga disampaikan Suryadi yang mewakili masyarakat Kampung Genting Gerbang juga menyatakan siap mendukung paslon tersebut.

“Kami mewakili masyarakat Kampung Genting Gerbang menyatakan siap mendukung paslon hamas dan juga siap bekerja untuk memenangkan paslon ini, dalam kesempatan ini, kami memohon kepada bapak calon bupati dan calon wakil bupati, agar memberikan solusi terbaik terkait sektor andalan pendapatan kami disini,” ujar Suryadi.

Terkait dua hal tersebut, calon bupati, Haili Yoga menerangkan, bahwa terkait penanganan sampah adalah perkara tekhnis yang harus dilakukan dengan perencanaan dan kajian tim tekhnis, maka dia berjanji akan mendatangkan tim tekhnis yang ahli terkait penanganan sampah tersebut nanti, dimana setelah itu baru akan ada satu kesimpulan dan kebijakan yang akan diputuskan terkait hal tersebut.

“Perkara penanganan sampah ini adalah perkara tekhnis, jadi saya berjanji akan hadirkan tim tekhnis yang ahli dalam hal penanganan sampah tersebut guna untuk diteliti dan dikaji, apakah masih layak disini atau harus dipindahkan ketempat lain, jika masih bisa tetap disini, lalu apa solusi penanganannya agar tidak berdampak negatif pada masyarakat. Jadi perkara penanganan sampah adalah perkara tekhnis maka kita tidak boleh berretorika dalam hal ini,” terang Haili Yoga.

Terkait solusi peningkatan dan pengembangan sektor andalan pendapatan masyarakat, khusus sektor pertanian dan perkebunan, Haili Yoga yang mantan Pj Bupati Kabupaten Bener Meriah tersebut mengatakan akan memberdayakan tim penyuluh baik ada yang didesa setempat dan juga yang ada dikecamatkan. Sehingga para penyuluh wajib bekerja maksimal guna untuk mendampingi dan membina para petani dalam menangani berbagai macam masalah terkait pertanian dan perkebunan yang dihadapi masyarakat, sehingga para penyuluh nanti akan memberikan solusi terhadap kendala yang dihadapi.

“Kita harus berdayakan para penyuluh yang ada didesa setempat agar mendampingi dan mengarahkan serta memberi solusi kepada para petani agar dapat meningkatkan hasil produktifitas pertanian dan perkebunan mereka nanti,” kata Haili.

Terkait UMKM, Haili yang juga mantan Sekda Bener Meriah itu berjanji akan senantiasa hadir ketengah masyarakat guna untuk menjaring aspirasi para pelaku UMKM yang ada didesa-desa, agar mengetahui potensi apa yang akan dikembangkan dan apa langkah yang harus ditempuh untuk mengembangkan potensi UMKM tersebut.

“Terkait UMKM, percayalah, kami yang senantiasa akan turun ke desa-desa guna menjaring aspirasi para pelaku UMKM, agar kita tahu potensi yang akan dikembangkan dan kita beri solusi untuk pengembangan potensi UMKM yang akan dikembangkan tersebut,” tutup Haili.

Ama Robby

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.