Tim Wasev PJO Waaster Panglima TNI Kunjungi Pelaksanaan TMMD Ke-122 Tahun 2024 Kodim Pemalang

Sharing is caring!

BN News. Pemalang || Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Penanggung Jawab Operasi (PJO) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Panglima TNI Brigadir Jenderal TNI (Mar) Bambang Hadi Suseno, SE. MM., melaksanakan kunjungan untuk meninjau pelaksanaan TMMD ke-122 tahun 2024 Kodim 0711/Pemalang di Desa Tambi kecamatan Watukumpul, Kamis (17/10/24).

Bacaan Lainnya

TMMD ke-122 tahun 2024 Kodim 0711/Pemalang bertemakan ”Dharma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah” ini diharapkan akan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi peningkatan taraf hidup masyarakat desa baik dari sisi kesehatan, pendidikan maupun dari sisi ekonomi serta sosial budaya.

Setibanya di lokasi TMMD, Waaster Panglima TNI bersama Pabandya 3/Baksos Paban V/bakti TNI Ster TNI Letkol ADM Stasi Ichsanuddin Isma, S.E., disambut dengan tarian Maumere dan pengalungan kain sarung goyor, juga disambut oleh sejumlah pejabat terkait antara lain Danrem 071/Wijayakusuma selaku Penanggung jawab Keberhasilan Pelaksanaan (PKP) TMMD Kolonel Inf Jamaluddin, S.I.P., M.IP., Dandim 0711/Pemalang selaku Dansatgas TMMD Letkol Inf Muhammad Arif, S.Hub.Int.

Selain itu juga Pabandya Ster Kodam IV Diponegoro Letkol Inf Ahmad Alwi, Sekda Kab Pemalang Heryanto, S,Pd., M,Si., Kapolres Pemalang AKBP Eko Sunaryo, S. I. K., M. K. P., Kepala Kejaksaan Negeri Pemalang Muib SH,MHLi., Kepala Dispermades Kab. Pemalang Drs. Ahmadi Setyawan W. A.P,M.M., Wakil Ketua DPRD Kab Pemalang Arif Ismail, Kadisops Satrad 214 Tegal Mayor Lek Hendra Krisdianto, Danposal Tanjungsari Letda Laut (KH) Rudi Hartono A.md., Forkopimcam Watukumpul, Danramil dan Pa Staf jajaran Kodim 0711/Pemalang, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda Se Kec. Watukumpul

Dalam sambutannya Pjs. Bupati Pemalang melalui Sekda Heryanto, S.Pd, M.Si., menyampaikan merupakan sebuah kebahagiaan dan kehormatan bagi Pemkab Pemalang, hari ini bisa menyambut dan menerima Kunjungan Kerja dari Tim Wasev PJO TMMD di Kabupaten Pemalang, dalam rangka mengevaluasi dan memantau pelaksanaan program TMMD yang telah dilaksanakan di wilayah kita, khususnya di Desa Tambi Kecamatan Watukumpul ini.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa TMMD Reguler 122 Tahun 2024 di Kabupaten Pemalang yang dilaksanakan selama 30 hari dari tanggal 2 sampai dengan 31 Oktober 2024 di Desa Tambi Kecamatan Watukumpul dengan sasaran fisik Pembangunan Jalan sepanjang 1.300 x 2.5 m beserta fasilitas pelengkapnya yang menghubungkan dengan Desa Watukumpul, Kecamatan Watukumpul”, tuturnya.

Sekda berharap, program TMMD ini ke depan bisa semakin baik dalam mendukung pembangunan daerah, baik itu sarana dan prasarana umum atau pembangunan kualitas SDM Masyarakat. Saya berharap, apa yang kita lakukan ini dapat membawa dampak positif dan manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh warga masyarakat, utamanya dalam mempermudah akses mobilitas dan aktivitas ekonomi demi mendorong peningkatan pendapatan dan kesejahteraan warga masyarakat Kabupaten Pemalang.

Selanjutnya Waaster Panglima TNI menerima paparan dari Dansatgas TMMD tentang pelaksanaan TMMD Reguler ke 122 tahun 2024 Kodim 0711/Pemalang di desa Tambi kecamatan Watukumpul dan menyaksikan video pelaksanaan TMMD baik sasaran fisik maupun non fisik serta sasaran program unggulan Kasad.

Waaster Panglima TNI Brigadir Jenderal TNI (Mar) Bambang Hadi Suseno, SE. MM., pada kesempatan itu menyampaikan Pengawasan dan Evaluasi TMMD ke-122 tahun 2024 yang saat ini sedang berjalan dengan tujuan untuk mengukur kinerja organisasi satuan tugas TMMD mulai tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan sampai dengan pengakhiran dengan harapan agar kegiatan TMMD dapat berjalan secara optimal, efektif dan efisien.

Menurut Waaster Panglima TNI, TMMD dilaksanakan melalui kegiatan sasaran fisik maupun non fisik guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan khususnya daerah yang tergolong terpencil, tertinggal, terisolasi, daerah perbatasan/pulau-pulau terluar dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena akibat bencana.

Waaster Panglima TNI juga menyampaikan beberapa hal menonjol yang perlu diperhatikan oleh Dandim selaku Dansatgas TMMD, antara lain dihadapkan dengan musim hujan, Dansatgas agar merencanakan kegiatan TMMD dengan baik sehingga pelaksanaan TMMD dapat selesai tepat waktu dan sasaran tercapai target 100% pada saat penutupan TMMD.

“Dalam kegiatan TMMD laksanakan kerjasama TMMD dengan Pemda melalui SKPD terkait dilaksanakan dalam bentuk Swakelola tipe-2”, tuturnya.

Kepada Dandim selaku Dansatgas TMMD Waaster Panglima TNI memberikan beberapa penekanan yang perlu di dilaksanakan diantaranya yaitu pedomani rencana umum TMMD agar pelaksanaan berjalan tertib, lancar dan sasaran tercapai sesuai yang diharapkan, gunakan dukungan operasional TMMD sesuai peruntukan kode akun dan tertib administrasi, selesaikan target sasaran fisik, sasaran non fisik & sasaran tambahan Program unggulan Kasad tepat waktu sesuai waktu yang ditentukan.`

Selanjutnya Waaster Panglima TNI mengajak agar semua bersama-sama untuk meningkatkan kepedulian dalam memelihara dan merawat hasil dari TMMD sehingga dapat memiliki masa pakai yang lebih lama untuk membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat ke arah yang lebih baik, maju, sejahtera dan mandiri.

Di Akhir pengarahannya Waaster Panglima TNI juga menyampaikan atas nama Kepala Staf TNI-AD selaku PJO TMMD kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Daerah, Instansi Vertikal lain, Akademisi, Tokoh Masyarakat/Agama/Adat serta seluruh komponen masyarakat lainnya atas kerjasama dan semangat gotong-royongnya dalam mendukung kelancaran kegiatan TMMD yang sedang berjalan saat ini.

Pada kesempatan itu juga Waaster Panglima TNI Brigadir Jenderal TNI (Mar) Bambang Hadi Suseno, SE. MM., memberikan santunan kepada anak yatim piatu dan Hafiz Al Quran serta memberikan bahan kontak TMMD kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kemudian Waaster Panglima TNI beserta rombongan meninjau pengerjaan sasaran fisik TMMD Reguler ke 122 tahun 2024 Kodim 0711/Pemalang antara lain pengaspalan jalan, pemasangan kawat bronjong, pembangunan jembatan, Rehab RTLH dan meninjau pelaksanaan kegiatan non fisik penyuluhan KB dan Stunting. (Pendim 0711/Pemalang//Warto).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.