Penyuluhan Pengelolahan Sampah Non Fisik TMMD Sengkuyung Tahap IV Kodim 0713/Brebes

Sharing is caring!

BN News. Brebes || Warga Desa Tegalglagah mengikuti kegiatan Non fisik TMMD Sengkuyung Tahap IV TA. 2024 Kodim 0713/Brebes dalam penyuluhan sosialisasi tentang pengolahan sampah terpadu dengan penerapan Bank Sampah bertempat di Balaidesa Tegalglagah, Kecamatan Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah. Kamis (17/10/2024)

Pemberian materi Pengelolaan sampah terpadu dalam TMMD Non Fisik kali ini bekerja sama dengan Bank Sampah Induk Patriot (BSIP) ini, dihadiri para warga, dan juga perangkat desa.

Kabid Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Brebes Ibu Puspa mengatakan, Hal ini dilakukan sebagai pelatihan bagaimana pengelolaan sampah organik maupun anorganik.

”Dimana sampah-sampah organik dijadikan kompos dan bagaimana proses pembuatannya. kemudian sampah anorganik dibuat sebagai kerajinan tangan, ” kata Kabid Puspa.

Dalam acara ini Puspa juga memaparkan, bagaimana cara dan sistem pembentukan Bank sampah supaya kedepan bisa memberdayakan masyarakat untuk mengolah sampah dan merubah mindset masyarakat bahwa sampah bisa mendatangkan rupiah bila kita mau dan bisa mengelolanya dengan baik.

Menurutnya, Sosialisasi penyuluhan tersebut bertujuan untuk merubah pola pikir masyarakat mengenai sampah sebagai sesuatu yang tidak bernilai menjadi barang yang memiliki nilai guna.

“Saat ini jangan menilai sampah sebagai hal yang tidak berguna. melainkan, harus menilai sampah sebagai sesuatu yang bisa dimanfaatkan dan bernilai guna, sehingga bisa mendatangkan rupiah,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kabid Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Brebes juga menyampaikan, “kepada warga yang hadir mengikuti acara tersebut agar tidak membakar sampah sembarangan, selain bahaya terjadinya kebakaran juga dapat menimbulkan polusi udara yang tidak sehat,” pungkasnya. (Pendim 0713/Brebes//Warto)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.