Wujudkan Perilaku Hidup Sehat, TK Kartika III-26 Kodim 0703/Cilacap Gerakan O Sampah

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Cilacap, Belanegaranews.com – Perubahan perilaku dapat dilakukan melalui kebiasaan yang dipraktekkan sejak usia dini. Pembelajaran bagi anak usia dini merupakan tahapan penting untuk pembisaan perilaku. Perilaku hidup sehat dan bersih melalui pengalaman belajar, pemberian contoh dan melakukan pembiasaan.

Hal itu yang dilakukan oleh Guru TK Kartika III-26 kodim 0703/Cilacap kepada muridnya. Dengan didampingi Pengurus Yayasan Kartika Jaya, mereka memberi contoh dan mempraktekkan membuang sampah pada tempatnya sesuai jenis sampahnya, Kamis (7/02).

Kegiatan ini dilakukan dengan
tujuan untuk memperkenalkan dan membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat sejak dini melalui pemilahan sampah di TK Kartika III-26 Kodim 0703/Cilacap. Kegiatan ini menggunakan metode demontrasi dan praktek memilah sampah. Diharapkan melalui kegiatan ini anak-anak TK Kartika III-26 mampu mengenal dan mempraktekan memilah sampah pada tempat pemilah sampah.

“Melalui gerakan O sampah, kita ajarkan kepada mereka tentang Praktek pemilahan sampah dan pengenalan jenis sampah kepada Murid TK. Pendekatan perilaku hidup sehat ini diharapkan mampu meningkatkan kebisaan anak-anak dalam menempatkan sampah pada tempat pemilah sampah dan akan memberikan pengalaman perilaku hidup sehat dan bersih sejak dini,” terang Wakil Ketua Yayasan Ny. Rofik Alfian.

Menurut Ny. Rofik, masalah sampah sering kali menjadi persoalan yang terus menyita energi untuk dapat diselesaikan. Berbagai macam sampah sebagai hasil samping kegiatan manusia terus diproduksi setiap harinya. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan yang sulit dihilangkan.

“Pola seperti ini yang ingin kita rubah kepada mereka. Selain membiasakan perilaku hidup sehat, melalui gerakan ini diharapkan mereka mampu memilah aneka jenis sampah yaitu organik dan anorganik dan bahkan pada akhirnya mereka mampu mewujudkan lingkungan sekolah yang O sampah,” tandasnya

Tahapan tahapan seperti ini paling utama yang memungkinkan untuk diterapkan pada usia anak-anak TK sebagai bentuk pembelajaran untuk menanamkan nilai-nilai kebersihan lingkungan sejak dini. Penanaman nilai kebersihan lingkungan terhadap mereka sangatlah penting, karena anak merupakan generasi penerus bangsa yang sebaiknya telah dibekali oleh orang dewasa atau guru mengenai hal-hal yang dapat menjaga keberlangsungan sebuah bangsa dalam hal ini salah satunya adalah dengan menjaga lingkungan bersih.

(Urip)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.