Latihan Gabungan TNI-POLRI Sukabumi Dalam Rangka Pegamanan Pemilu 2019

Sharing is caring!

Sukabumi, Belanegaranews.com – Dalam rangka memantapkan kembali kesiapan Pemilu 2019, personel gabungan TNI-POLRI menggelar latihan gabungan  pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019. Bertempat di Gudang Logistik KPU Kota Sukabumi alamat Jln. Cemerlang Kp. Cigunung Kec. Warudoyong Kota Sukabumi. Jumat, 15 Februari 2019.

Letkol Arm Didik (Kasmen Armed 2/SY) memimpin giat tersebut dan diikuti sekitar 600 personel gabungan TNI-POLRI, yang berasal dari 1 regu Kodim 0607/ Kota Sukabumi, 1 SSK Yon Armed 13 Nanggala Kostrad. 3 SSK Polres Kota Sukabumi, 1 regu Pol PP Kota Sukabumi.

Dalam giat tersebut dilakukan latihan simulasi pengaman Pemilu baik objek bangunan, material maupun personil dengan melibatkan seluruh kekuatan personil dan material serta pendukung lainya.

Letkol Arm Dikdik dalam amanatnya menyampaikan bahwa dalam setiap melaksanakan tugas masing-masing harus tahu prosedur tahapan tanggung jawab.

“Jadi, pada intinya kami mengamanahkan sesuai dengan undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI di situ salah satu tugas pokok TNI. Pertama tugasnya membantu pemerintah daerah, kemudian  yang kedua membantu polisi dalam rangka Kamtibmas,” bebernya.

Selanjutnya Kasmen Armed 2/SY menyampaikan, “Jadi yang kita laksanakan ini adalah dalam rangka  membantu pemerintah daerah, KPU kemudian Bawaslu, begitu juga kita membantu polisi dalam rangka tank tifus. Dan kita berharap dalam pelaksanaan Pileg dan Pilpres berjalan dengan aman, walaupun terjadi kita sudah siap, makanya hari ini kita dilatih, supaya tidak ada keraguan dari seluruh prajurit dalam rangka mengambil tindakan yang sesuai dengan tahapan tahapan dan undang-undang yang berlaku,” lanjutnya.

“Prajurit TNI-POLRI dilatih untuk menghadapi situasi terburuk apapun. Guna melihat dan mengukur tingkat kemampuan, maka kita diberikan materi latihan agar kita pantas melaksanakan pengamanan Pemilu,” pungkasnya.

Dalam giat latihan gabungan tersebut sengaja diskenariokan terjadi situasi paling buruk. Dengan tujuan apabila terjadi situasi tersebut, TNI-POLRI sudah siap mengantisipasinya.

Diakhir sambutannya, Letkol Arm Didik berharap manfaatkan kegiatan ini untuk bisa memberikan gambaran bagi semua, bagaimana menghadapi situasi yang terburuk dan utamakan faktor keamanan dan tetap serius.

Turut hadir dalam giat tersebut, Iyos Sumantri (Sekda Kab. Sukabumi), Mayor Arm Micha Arruan, SE,. MM (Danyon Armed 13/ Nanggala Kostrad), Letkol Arm Didik (Kasmen Armed 2/SY), Mayor Czi Budi Dwi (Pabandya 3 Ops Mabes TNI), Kompol Sulaeman (Kabag Ops Polresta Sukabumi/mewakili Kapolresta Sukabumi), Dra. Sri Utami (Ketua KPU Kota Sukabumi), Agung Dugaswara (Komisioner Div. Bidang Teknis), Sisca Agustia (Komisioner Div. Bidang Hukum dan Pengawasan), Ratna Istianah (Komisioner Div. Bidang Sosialisasi, SDM dan Farmas), H. Ending Muhidin (Ketua Bawaslu Kota Sukabumi), Acep ( Kasat POL PP Kab. Sukabumi).

(Asep.S/A1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.