Tujuh Penghuni Sel Polres Semarang Kabur, Pakai Sapu untuk Ambil Kunci

Sharing is caring!

Semarang (BN News) – Sebanyak tujuh tahanan kabur dari sel tahanan Mapolres Semarang, Jawa Tengah, Jumat (20/9/2019) dini hari. Mereka melarikan diri menggunakan sapu lidi untuk mengambil kunci sel.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Agus Triadmaja mengatakan, tujuh tahanan tersebut diduga telah merencanakan pelarian mereka sejak jauh hari. Mereka beberapa kali memantau situasi penjagaan. Setelah situasi dirasa aman, mereka melancarkan niatnya. Tujuh tahanan kabur sekitar pukul 02.51 WIB.

Mereka kabur dengan cara mencuri kunci sel yang tergantung di tembok saat tidak ada petugas yang berjaga di lokasi.
“Ketujuh tahanan itu katanya kabur dengan cara mencuri kunci sel tahanan yang digantungkan di tembok. Seorang tahanan memakai ujung sapu lidi yang dirangkai menjadi alat untuk mengaitkan kunci yang digantung dekat dengan bangunan sel tahanan,” ujar Agus,baru-baru ini.

Para tahanan diduga kabur melewati samping Mapolres Semarang.
Dari tujuh tahanan, enam tahanan merupakan tersangka kasus pencurian dan satu tahanan kasus narkoba.
Hingga kini identitas para tahanan yang kabur dari Mapolres Semarang belum diketahui.

Personel Polda bersama Unit Reserse Polres Semarang saat ini memburu keberadaan tahanan di sejumlah titik.
Pihaknya juga masih menyelidiki empat penjaga sel tahanan di Mapolres Semarang terkait penjagaan yang longgar untuk mengantisipasi terjadinya kelalaian.

“Kami selidiki apakah saat jaga tidak bergantian atau memang ditinggal dalam keadaan sepi. Ini masih ditindaklanjuti pemeriksaan,” ujar Agus.

Polisi juga sudah berkoordinasi dengan keluarga tahanan. Polisi meminta para keluarga tahanan untuk memberitahu para tahanan untuk segera menyerahkan diri.

Kejadian bermula saat pukul 04.00, polisi jaga hendak melakukan pengecekan.
Saat hendak buang air kecil di Masjid Polres Semarang, ia kaget mendapati pintu utama tahanan dalam keadaan terbuka setengah kemudian kunci dan gembok pintu tahanan tidak ada.

Kemudian dua anggota polisi mengumpulkan seluruh tahanan di dalam sel tersebut dan setelah tahanan dikumpulkan, terdapat tujuh tahanan yang melarikan diri alias kabur. Setelah itu dilakukan pengecekan dari rekaman CCTV yang berada di ruang tahanan.

Para tahanan tersebut merupakan tahanan kasus pencurian sebanyak enam orang dan seorang kasus narkoba. Tidak diketahui jumlah total tahanan di ruang tahanan Polres Semarang hari itu.(gede/R.1820).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.