Operasi Gulben Santana Mekar Memasuki Tahap Pemulihan

  • Whatsapp

Sharing is caring!

BN NEWS. – Tasikmalaya.

Dalam perkembangan penanganan pasca tanah longsor tgl 07 Maret 2020 memasuki Hari Kedelapan di Kp. Palasari Ds. Santana Mekar Kec. Cisayong Kab. Tasikmalaya Dansatgas Gulben Yakni Dandim 0612/Tsm Letkol Inf Imam Wicaksana memerintahkan Danramil 1207/Cisayong Kapten Inf Handriyono. Spd untuk melaksanakan sebagai Satuan Pelaksana Operasi Pemulihan Pasca Bencana Tanah Longsor Santanamekar Cisayong.

Menurut keterangan Kapten Inf Handriyono Yang langsung dilapangan menyampaikan target yang sudah dilaksanakan dalam Operasi Pelaksanaan Pemulihan ini diantaranya

Memasang pipa paralon untuk saluran air Irigasi serta pembersihan batu dan matrial yang menyumbat dibawah jembatan dengan dibantu bersama warga masyarakat setempat yang terkena bencana juga dari Relawan Cisayong BPBD Kab. Tsm dan Ormas Pemuda Pancasila.

Akses jalan menuju desa Indrajaya telah disodet dan dibuat jembatan diatas sodetan untuk mengarahkan air sungai pada salurannya dan untuk mengamankan material lumpur.
Jembatan darurat dijalan utama telah operasional digunakan utk mobilisasi masyarakat Ds. Palasari – Ds. Indrajaya

Dari pelaksanaan Operasi Gulben Tahap Pemulihan didaerah bencana ini sudah mencapai sekitar 85 %.

Selain itu juga menyampaikan sosialisasi kepada Masyarakat  tentang penyebab bencana tanah longsor dan menghimbau agar selalu menjaga kelestarian alam.

Selain itu juga dalam pemulihan bersama KPIA Kab. Tasikmaya memberi dukungan moril menghibur secara terapi physcologis kepada keluarga korban tanah longsor agar tidak menjadi trauma yg berkepanjangan.

Kegiatan dihentikan pada pukul 16.10 Wib karena curah hujan yang lebat di daerah Hulu kec.Sukahening dan dilokasi dikhawatirkan hujan akan membawa material baru ke lokasi sehingga menimbulkan korban lainnya. [pendim]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.