Basmi Hama Wereng di Lahan Demplot, Kodim Pemalang Terbangkan Drone

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Bacaan Lainnya

BN News. Pemalang || Kodim 0711/Pemalang bekerja sama dengan Dinas Pertanian kabupaten Pemalang melakukan penyemprotan untuk pengendalian hama wereng dan penyakit lainnya pada tanaman padi jenis Protani menggunakan drone Meksi di lahan Demonstrasi Plotting (Demplot) Kodim 0711/Pemalang seluas 2 Ha, di desa widodaren kecamatan Petarukan kabupaten Pemalang, Jumat (14/7/2023).

Komandan Kodim 0711/Pemalang Letkol Inf Ade Afri Verdaniex, S.I.P., melalui Pasiter Kapten Inf Heri Purnomo di sela-sela kegiatan tersebut menyampaikan penyemprotan hama dan penyakit lainnya dengan memakai drone kali bersifat sosialisasi.

“Penyemprotan dengan menggunakan drone ini sangat efektif karena hama langsung hilang terkena anginnya drone. Selain itu, daya semprotnya juga lebih halus berupa uap, sedangkan kalau manual dengan tenaga manusia harus disemprot satu-satu,” ujarnya.

Pasiter berharap, penggunaan drone untuk penyemprotan hama dan penyakit ini bisa memberikan wahana bagi para petani bahwa pengelolaan usaha tani tidak hanya dilakukan secara konvensional saja, tetapi ada inovasi modernisasi yang membuat ketertarikan masyarakat petani, khususnya kaum milenial agar tidak gengsi terjun ke dunia pertanian dan bisa mengikuti perkembangan zaman,” pungkasnya.

Sementara pada kesempatan yang sama Staf Dinas Pertanian kabupaten Pemalang Nurhadi juga mengatakan penyemprotan pengendalian hama dan penyakit menggunakan drone ini merupakan sebuah upaya untuk efisiensi dan efektifitas dalam usaha tani.

“Hal ini kita antisipasi adanya kelangkaan tenaga kerja di sektor usaha tani dan untuk menarik minat buruh tani, terutama dari kalangan anak muda yang sudah tidak mau turun ke sawah bergelut dengan lumpur,” katanya.

“Penyemprotan dengan memakai drone jauh lebih efisien, hemat dan cepat jika dibandingkan dengan menggunakan tenaga manusia dan pestisida yang digunakan juga lebih irit dari pada secara konvensional,”pungkasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Pasi Ter Kodim 0711/Pemalang Kapten Inf Heri Purnomo beserta Stafnya, Staf Dinas Pertanian kabupaten Pemalang Nurhadi, pemilik Drone Meksi Faisal beserta operatornya. (Sumber : Pendim 0711/Pemalang//Jurnalis : Warto).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.