Tari Ngangon” SD N Karangmangu Baturraden Juara 1 FLS2N Jawa Tengah

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Bacaan Lainnya

BN News. Banyumas || Tari Ngangon yang dibawakan oleh siswi SD Negeri Karangmangu Kecamatan Baturraden berhasil menjadi Juara 1 pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Jawa Tengah. Kepastian tersebut diterima oleh Kepala Sekolahnya Indi Astuti, S.Pd SD melalui surat penetapan pemenang dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah.

“Alhamdulillah anak anak kami menjadi Juara 1 Kategori Tari pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Jawa Tengah Tahun 2023,” katanya Jumat 14 Juli 2023.

Pada festival tersebut, SD Negeri Karangmangu menampilkan 3 siswinya yaitu Janeeta Kusuma Zaafarani, Dizyel Affrin Mezzaluna dan Zhirena Chika Anindya Putri dengan pembina Dwi Rahayu dan Siti Fatonah menampilkan “Tari Ngangon”

“Kata “Ngangon” berasal dari kata “Angon”. Angon memiliki arti menggembala, masyarakat Baturraden khususnya yang berada di dataran tinggi sebagian besar bermata pencaharian ternak sapi. Tari Ngangon ini menceritakan tentang gadis kecil yang sedang bermain diantara ilalang sambil angon sapi,” jelas Indi Astuti.

Ia menambahkan untuk dapat memperoleh kesuksesan dalam ajang tersebut bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Tetapi, hal itu harus dengan semangat dan perjuangan dari semua pihak.

“Untuk meraih juara 1 lomba tari tersebut diperlukan pengorbanan dari para guru dan siswa yang mengikuti lomba. Terutamanya soal waktu dan kedisiplinan. Kalau itu tidak dilakukan, maka tidak mungkin bisa terlaksana dengan baik, bahkan kami mendatangkan pelatih dari Sanggar Kijang Kencana Karang Tengah yang dipimpin oleh Mas Sigit,” terangnya.

Kepala Sekolah ini berharap prestasi yang diraih ini tidak berhenti, tetapi akan berlanjut pada FLS2N tingkat Nasional.

“Harapan pada FLS2N tingkat Nasional anak anak dapat menunjukan peforma terbaik dan akan kembali menjadi juara,” tandasnya. (Sumber : Humas Pemkab Banyumas//Red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.