Sambut Tahun Baru Islam 1445 H, Sako Ma’arif NU Kedungbanteng Gelar Perkemahan

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Bacaan Lainnya

BN News. Banyumas || Satuan Komunitas Pramuka Maarif NU Tingkat Ranting Kedungbanteng Kabupaten Banyumas menggelar Perkemahan Tahun Baru 1445 Hijriyah di lapangan Desa Beji Kedungbanteng Selasa-Rabu 18-19 Juli 2023. Kegiatan digelar dalam rangka menyambut dan mensyiarkan datangnya Tahun Baru Islam, dibuka oleh Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Kedungbanteng Wuryanto, M.Pd didampingi Ketua Sakoma NU Cabang Banyumas Musmualim, S.Pd.I M.Pd.

“Dengan identitasnya Pramuka Ma’arif, hari ini sungguh sangat membanggakan dapat menyelenggarakan kegiatan perkemahan bersama menyambut tahun baru Islam. Bahkan dari catatan prestasi Sakoma NU sudah mampu melahirkan kader kader Gerakan Pramuka yang luar biasa yang menjuarai perlombaan Kepramukaan baik ditingkat ranting, Cabang bahkan Nasional,” kata Ketua Kwarran Wuryanto saat membuka acara.

Ketua Sako Maarif NU Tingkat Ranting Kedungbanteng Usmanto, S.Pd.I mengatakan gerakan kepanduan Pramuka adalah wadah pembinaan generasi yang berwawasan nasionalisme, relegius dan berkarakter. Dalam rangka mencapai tujuan gerakan pramuka perlu diselenggarakan pendidikan kepramukaan yang berbentuk kegiatan-kegiatan yang menarik, sehat, memberikan tantangan yang berguna bagi masa depan mereka, salah satu wadah kegiatan tersebut adalah perkemahan yang didalamnya nanti akan memberikan pengalaman langsung pada peserta dalam aktualisasi diri.

“Pengurus Sakoma Ranting Kedungbanteng berupaya membantu Madrasah Ma’arif NU untuk lebih meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler tersebut agar lebih berkualitas dan menjadi kebanggaan anak didiknya melalui kegiatan perkemahan tahun baru hijriyah (Pertabah) 1445 H,” katanya Rabu pagi 19 Juli 2023.

Usmanto menambahkan kegiatan diikuti sebanyak 120 pramuka penggalang yang terbagi dalan 12 regu dari 6 pangkalan Sako Maarif NU di Kwarran Kedungbanteng.

“Tujuan Perkemahan Penggalang Sako Ma’arif NU Kecamatan Kedungbanteng adalah sebagai sarana mengembangkan kreatifitas, serta membina ukhuwah diantara anggota regu Penggalang Satuan Komunitas Pramuka Ma’arif NU dan mengintegrasikan diri dalam masyarakat khususnya warga nahdliyin (NU) dengan tema “Merajut Ukhuwah Menebar Hikmah”, lanjutnya.

Pramuka penggalang yang mengikuti Pertabah berasal dari Pangkalan MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng, MI Ma’arif NU Beji, MI Ma’arif NU Karangnangka, MI Ma’arif NU 1 Dawuhanwetan, MI Ma’arif NU Dawuhankulon dan MI Ma’arif NU Kedungbanteng. Mereka mengikuti rangkaian kegiatan yang meliputi pendirian tenda, upacara pembukaan, permainan besar, Sholat Berjamaah Doa Ahir tahun dan Awal Tahun, Pawai Obor, Pentas Seni, Api Unggun, Sholat Subuh berjamaah dan Kultum, Senam Pagi dan upacara penutupan. (Sumber : Humas Pemkab Banyumas//Red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.