Pencegahan Penyakit Ternak di Lokasi TMMD Sengkuyung Kodim Brebes

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Bacaan Lainnya

BN News. Brebes || Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes memberikan pelayanan kesehatan ternak secara gratis di lokasi TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0713 Brebes, Desa Kubangputat, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Dikemukakan Pasiter Kodim Brebes Kapten Arhanud Suryadi SH, bahwa ada berbagai kegiatan non fisik TMMD Sengkuyung di Kubangputat seperti sosialisasi-sosialisasi, penyuluhan-penyuluhan, pelatihan keterampilan, dan pelayanan-pelayanan, bertujuan untuk meningkatkan SDM masyarakat.

“Di Desa Kubangputat ini kita tidak terpaku dengan pembangunan fisik atau infrastruktur saja, namun juga pembangunan SDM masyarakat setempat berbasis desa bersama instansi terkait, dimana salah satunya adalah pelayanan kesehatan ternak massal milik warga,” bebernya, Jumat (21/7/2023).

Sementara dikemukakan drh. Risky Mizarini Kepala Puskeswan Kecamatan Wanasari, bahwa untuk kegiatan pelayanan kali ini adalah pencegahan penyakit dengan pemberian vitamin kepada 232 ekor kambing dan obat cacing untuk 29 ekor kambing.

“Tujuannya agar ternak warga terhindar dari penyakit dan kemudian mampu menghasilkan daging yang sehat serta higienis untuk dikonsumsi publik,” terangnya.

Pihaknya juga mengedukasi para peternak agar menjaga kebersihan kandang ternak melalui penyemprotan cairan desinfektan dan anti parasit serta melakukan melakukan pengolahan kotoran ternak untuk menekan perkembangan parasit di lingkungan kandang.

Ia menambahkan, kolaborasi bersama TNI di kegiatan non fisik TMMD itu merupakan salah satu komitmen DPKH Brebes untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. (Sumber : Pendim 0713/Brebes//Jurnalis : Warto).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.