Kasdam IV/Diponegoro Hadiri Peresmian Program TNI AD Manunggal Air TH. 2023 dan Pencanangan Percepatan Penurunan Stunting

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Bacaan Lainnya

BN News. Kendal || Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono yang diwakili oleh Kasdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Ujang Darwis, M.D.A., menghadiri acara peresmian penggunaan fasilitas air program TNI AD Manunggal Air TH. 2023 dan pencanangan percepatan penurunan stunting di wilayah Kodam IV/Diponegoro. Acara berlangsung meriah dan penuh makna di Dusun Kalimargosari, Desa Sidodadi, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal pada Selasa (25/7/2023).

Dalam rangka meningkatkan kualitas air bersih bagi masyarakat di wilayah Jawa Tengah dan DIY, kegiatan TNI AD Manunggal Air telah berhasil menyediakan fasilitas air di 95 titik di bawah jajaran Kodam IV/Diponegoro. Dari jumlah tersebut, terdapat 60 titik Pompa Hidran, 30 titik Sumur Bor, dan 5 titik Pompa Gravitasi. Peresmian program ini merupakan bukti nyata komitmen TNI AD dalam membantu masyarakat mendapatkan akses air bersih yang layak dan bermutu.

Selain itu, acara peresmian tersebut juga menjadi momentum untuk mencanangkan program percepatan penurunan stunting di wilayah Kodam IV/Diponegoro. Hingga Juli 2023, tercatat sebanyak 158.317 anak menderita stunting di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Upaya pencegahan dan penanggulangan stunting menjadi fokus utama TNI AD dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan generasi muda di Indonesia.

Kasdam IV/Diponegoro menyampaikan bahwa kehadiran TNI AD harus memberikan manfaat dan membantu kesulitan masyarakat. Program TNI AD, termasuk program Manunggal Air, mengatasi stunting, program ketahanan pangan dan Babinsa masuk dapur mencerminkan dedikasi TNI AD dalam memberdayakan masyarakat dan menciptakan dampak positif bagi daerah yang membutuhkan.

“Harapan kita dengan program-program yang dilaksanakan oleh Angkatan Darat dibantu oleh Pemerintah Daerah maupun Kepolisian dan masyarakat sendiri ini bisa membantu kesulitan masyarakat dan bisa membantu daerah yang kekurangan air. Selama ini sulit mungkin, dengan adanya Manunggal Air bisa teratasi,” ungkap Kasdam.

Peresmian program TNI AD Manunggal Air TH. 2023 dan Pencanangan Percepatan Penurunan Stunting tidak hanya dilaksanakan di Kendal, namun juga tersebar di berbagai wilayah di bawah Kodam IV/Diponegoro. Acara terpusat dihadiri oleh Kasad Jenderal TNI Dr. H. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. yang dilangsungkan di Kp. Lebaksangka, Desa Lebak gedong, Kecamatan Lebak gedong, Kabupaten Lebak. Selain itu, rangkaian kegiatan juga berlangsung di Korem dan Kodim di lokasi sumber air yang telah beroperasional.

Turut hadir dalam kegiatan ini, antara lain Danrem 073/Mkt Kolonel Inf Purnomosidi, S.I.P., M.A.P., para Asisten Kasdam IV/Diponegoro, para Kabalakdam, Dandim 0715/Kendal, Kapolres Kendal, Wakil Bupati Kendal, serta Forkopimda Kabupaten Kendal. Semangat kebersamaan dan kolaborasi lintas sektor terlihat jelas dalam peresmian ini, menunjukkan sinergi antara TNI AD, Polri , pemerintah daerah, dan masyarakat untuk mencapai kesejahteraan dan kemajuan bersama. (Sumber : Pendam IV/Diponegoro//Jurnalis : Warto).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.