Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi Bantu Distribusi Logistik Kemensos RI Dan Panglima Tni Di Papua

  • Whatsapp

Sharing is caring!


BN NEWS || Dengan Rasa kemanusiaan TNI hadir untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat Papua dengan memberikan Bantuan makanan kepada masyarakat papua yang sangat-sangat membutuhkan uluran tangan bantuan sembako. Rabu (26/07/2023)

Bacaan Lainnya

Hal tersebut yang di sampaikan Dansatgas Mobile Raider 300 Siliwangi, Letkol Inf Afri Swandi Ritonga, S.I.P dalam release tertulisnya di Ilaga Kab. Puncak Papua. Rabu (26/07/2023)

Di jelaskan Dansatgas, Situasi dan kondisi terkini masyarakat Papua terutama di Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi Kab. Puncak Prov. Papua Tengah yang beberapa kali mengalami gagal panen membuat masyarakat di daerah tersebut kekurangan bahan makanan.

Dihadapan dengan kondisi geografis dimana wilayah tersebut merupakan daerah terpencil di pegunungan yang susah dijangkau oleh transportasi jalur darat membuat masyarakat di Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi kesusahan memenuhi kebutuhan hidupnya terutama bahan makanan.

Dengan kurangnya ketersediaan bahan makanan di daerah tersebut ada beberapa masyarakat yang mengungsi ke daerah lain seperti ke Ilaga, Sinak dan beberapa tempat lainnya. Sedangkan masyarakat yang memilih untuk tetap tinggal di daerah tersebut mengalami kelaparan dan sebagian terserang penyakit busung lapar.” imbuhnya.

Melihat situasi dan kondisi ini negara tidak tinggal diam. Pemerintah dalam hal ini diinisiasi oleh Kemensos bergerak cepat untuk mengatasi musibah tersebut. Namun dengan keterbatasannya melihat situasi keamanan yg belum kondusif karena aktifitas KST Papua yang secara terus menerus berusaha menghambat pembangunan di Papua, Kemensos meminta bantuan pengiriman bahan logistik kepada TNI.

Setelah menerima surat permohonan pengiriman logistik tersebut dari Kemensos, dalam hal ini Panglima TNI sangat menyambut baik rencana bantuan Kemensos kepada masyarakat Papua terutama di Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi, bahkan Panglima TNI sangat antusias dengan rencana pengiriman bantuan Kemensos seberat 7 ton sehingga menambah barang bantuan berupa logistik bahan makanan seberat 3 ton.

Untuk distribusi barang bantuan tersebut seberat 10 ton, TNI mengirimnya dengan menggunakan pesawat Heli Caracal sejumlah 2 unit yang akan mendarat di Bandara Sinak.

Sehubungan Bandara Sinak merupakan salah satu daerah penugasan Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi, maka Komando Atas memerintahkan Dansatgas untuk menyiapkan pengamanan disekitar tempat distribusi barang bantuan tersebut. “Perintah ini adalah tugas mulia yang diberikan oleh pimpinan TNI kepada Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi untuk kemanusiaan, maka laksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik sehingga barang bantuan ini dapat sampai kesasaran dengan aman untuk korban musibah kelaparan dan busung lapar” ujar Dansatgas kepada prajurit yang akan melaksanakan pengamanan dan pengawalan barang bantuan tersebut.

Dengan adanya bantuan kemanusiaan berupa logistik bahan makanan, Dansatgas berharap kegiatan ini mampu meningkatkan kesehatan dan mempererat jiwa nasionalisme masyarakat khususnya di Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi Kab. Puncak. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.