SD Negeri 2 Pliken Berpeluang Menjadi Gudep Mantap Tingkat Kwarda Jateng

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Bacaan Lainnya

BN News. Banyumas || Gugus Depan Pangkalan SD Negeri 2 Pliken Kecamatan Kembaran Banyumas berhasil masuk 6 besar Gugus Depan Mantap Tingkat Propinsi Jawa Tengah Tahun 2023. Untuk menentukan yang terbaik di Tingkat Jawa Tengah, Tim Lomba Gugus Depan lomba gugus depan mantap tingkat Kwarda Jawa Tengah berkunjung ke sekolah tersebut Minggu 30 Juli 2023.

Tim Lomba Gugus Depan Mantap Tingkat Kwarda Jawa Tengah dipimpin oleh Subagyo, S.Pd dengan didampinngi Nur Rofiq, S.Pd.I., M.Pd dan Ristinah. Saat berkunjung ke SD Negeri 2 Pliken, Tim disambut oleh Ketua Kwarcab Banyumas Aguis Nur Hadie beserta jajaran pengurus, Kepala Dinas Pendidikan Joko Wiyono, Camat Kembaran Omar Udaya serta Keluarga Besar Pramuka SD Negeri 2 Pliken yang dipimpin oleh Kepala Sekolah selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan Prasetya Rini, S.Pd.

Ketua Kwarcab Agus Nur Hadie dalam sambutannya mengatakan, Kwarcab Banyumas menyambut baik adanya lomba gudep mantap Kwarda Jateng. Karena Gugus Depan Gerakan Pramuka adalah ujung tombak pembinaan anak didik untuk mencetak generasi yang berkarakter.

“Alhamdulillah untuk semua tingkatan kita masuk final atau 6 besar. Untuk Gudep SD/MI, SD Negeri 2 Pliken, untuk Gudel SMP/MTs yang diwakili oleh MTs Maarif NU 2 Cilongok juga lolos enam besar, demikian juga Gudep SMA/SMK/MA yang oleh SMA PGRI Gumelar,” kata Agus.

Sementara Kepala Sekolah Prasetiya Rini dalam presentasinya mengatakan Gugus depan SD N 2 Pliken memiliki sebanyak 248 anak didik yang terdiri 169 Pramuka Siaga dan 79 Pramuka Penggalang.

“Gudep ini memiliki kualifikasi Sumber Daya Manusia (SDM), Mabigus memiliki kualifikasi Kursus Pelatih Tingkat Lanjut (KPL), Ketua Gudep Putra kualifikasi Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar ( KMD), Ketua Gudep Putri kualifikasi Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjut ( KML), dan memiliki 11 Pembina Pramuka dengan kulalifikasi Kursud Mahir Tingkat Lanjutan (KML) 4 pembina dan 7 pembina Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD),” jelasnya.

Prasetya Rini menambahkan bahwa sepanjang tahun 2022 telah mencetak Pramuka Garuda sebanyak 22 Pramuka Garuda Siaga.

“Kami tentu berharap dapat menjadi yang terbaik menjadi Gudep Mantap Tingkat Jateng,” katanya.

Sementara Ketua Tim Subagyo, S.Pd mengatakan untuk menjadi untuk dapat menjadi Gugus Depan Mantap harus dapat memenuhi 8 poin persayaratan poin yang terdiri dari Bidang Legalitas Gudep, Bidang Sumber Daya Manusia, Bidang Keuangan dan Sarpras, Bidang Kegiatan, Bidang Proses Pencapaian SKU,SKK, dan SPG, Bidang Prestasi, Bidang Kemitraan dan Bidang Kehumasan.

“Prinsip kegiatan ini bukanlah menang menangan, tetapi lebih pada pembinaan agar gugus depan menjadi Gugus Depan Mantap yang nantinya bisa menjadi rujukan pangkalan lain,” jelasnya.

Ristinah salah satu tim penilai saat evaluasi mengatakan Gudep SDN 2 Pliken telah memenuhi persayaratan dan layak menjadi Gugus Depan Mantap Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Yang pasti sudah menjadi juara karena 6 finalis sebenarnya sudah juara,” katanya. (Sumber : Humas Pemkab Banyumas//Jurnalis : Warto).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.