Desa Pekutan Mirit Jadi Peserta Lomba Satkamling di Tingkat Polres Kebumen 

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Bacaan Lainnya

BN News. Kebumen || Lomba Satkamling tingkat Polres Kebumen kembali digelar. Kali ini Sat Kamling Desa Pekutan, Kecamatan Kecamatan Mirit, Kebumen, menjadi perwakilan lomba yang digelar Sat Binmas untuk Polsek rayon timur.

Lomba dipimpin Plt Kasat Binmas Polres Kebumen AKP Heru Sanyoto dan langsung dilakukan penilaian oleh para juri dari Sat Binmas, Minggu 31 Juli 2023 malam.

Ada beberapa simulasi yang diperagakan Satkamling Desa Pekutan saat dilakukan penilaian. Jika mereka menang, nantinya akan menjadi perwakilan lomba untuk Polres Kebumen di tingkat Polda Jateng.

“Lomba yang digelar ini adalah untuk melatih, pengamanan swakarsa di tengah masyarakat. Apalagi, jelang tahun politik 2024, warga masyarakat harus bisa menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif,” jelas AKP Heru mewakili Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin, Selasa 1 Agustus 2023.

Perlombaan diawali dengan peragaan penanganan kejadian Laka Lantas, yang terjadi di perempatan Desa dengan melibatkan dua sepeda motor bertabrakan adu banteng, yang menyebabkan pengendara terluka cukup parah keduanya.

Lalu, warga masyarakat segera menolong pengendara tersebut, dan membawa kedua korban ke Pos Satkamling, dengan melibatkan Bidan Desa untuk mengobati. Keduanya pun sempat bersitegang, namun akhirnya bisa dilerai dan berdamai oleh petugas Sat Kamling.

Selanjutnya simulasi penanganan kebakaran rumah warga. Dalam simulasi itu nampak warga bersama petugas Satkamling bergotong royong memadamkan kobaran api. Dengan menggunakan sejumlah peralatan yang ada di Pos Satkamling, serta dibantu warga menggunakan air, api segera dapat dijinakan.

Lalu korban kebakaran sementara waktu diungsikan ke rumah tetangga yang lebih aman.

Pada simulasi berikutnya, warga memperagakan penanganan kasus pencurian. Saat itu pelaku pencurian ditemukan petugas Satkamling sedang membawa motor curiannya. Pelaku curanmor juga sempat melawan dengan menggunakan senjata tajam, namun akhirnya bisa dilumpuhkan oleh warga dan dilaporkan ke Kepolisian.

“Lomba ini dibagi menjadi 3 rayon yakni barat, timur dan tengah yang berlangsung selama tiga hari berturut-turut. Nantinya, bagi pemenang lomba Sat kamling ini, akan mewakili Polres Kebumen di tingkat Polda Jateng, hingga ke tingkat Mabes,” tukas AKP Heru.

Perlombaan disaksikan oleh Camat Mirit Susilo, Kapolsek jajaran rayon timur serta para warga masyarakat. Menurut AKP Heru, penilaian meliputi kelengkapan peralatan Satkamling, kemampuan menguasai materi, serta kesiapan warga.

Kepala Desa Pekutan Mudhasir Zainal Maksum mengatakan warga masyarakat cukup antusias mengikuti lomba Satkamling yang digelar oleh Polres Kebumen. Dalam lomba tersebut, masyarakat dilibatkan langsung agar mengetahui tata cara pengamanan lingkungan.

Sedangkan untuk simulasi sendiri, masyarakat Desa Pekutan berlatih selama kurang lebih 10 hari, sebelum dipertunjukkan kepada tim penilai. .

“Mereka menjadi lebih disiplin, kaitannya dengan kegiatan tersebut, dan menjadi pembelajaran kepada mereka supaya menjaga lingkungan agar aman, dan kondusif,” ucap Kades.

Sementara itu salah seorang peserta Junaidi Abdullah (40) mengaku sangat terkesan dengan adanya lomba Sat kamling. Ia mendapatkan pembelajaran banyak bagaimana cara petugas Satkamling bertugas.

Ia juga optimis Satkamling Guyub Rukun Desa Pekutan bisa menjadi juara satu lomba satkamling tingkat Polres.

(Sumber : Humas Polres Kebumen//Jurnalis : Adiyatama).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.