Guna Meningkatkan Keimanan Dan Ketaqwaan, Korem 062/Tn Rutin Menggelar Kuliah Tujuh Menit

  • Whatsapp

Sharing is caring!


BN NEWS || Garut – Dalam rangka meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan disamping untuk menambah ilmu pengetahuan agama Korem062/Tn menggelar Kuliah Tujuh Menit (Kultum) bertempat di Masjid Baiturrahim Makorem 062/Tn, Selasa (01/08/2023).

Kultum kali ini di bawakan oleh Pelda Encep Toni anggota Setumrem 062/Tn dengan tema “Kejujuran”. Jujur merupakan bentuk dari kesesuaian antara ucapan dan perbuatan, kesesuaian antara informasi dan kenyataan, bentuk dari ketegasan dan juga kemantapan hati serta sesuatu yang baik yang tidak di campuri dengan kedustaan.

Bacaan Lainnya

Sebagai umat islam yang beriman, nilai-nilai kejujuran merupakan salah satu hal yang sangat penting, jujur juga merupakan salah satu pondasi untuk kita dalam berakhlak mulia, karena dengan membiasakan berlaku jujur akan menunjukan akhlak baik seorang muslim.” Ujarnya.

Seorang Imam Besar yaitu imam Al Ghazali telah membagi kejujuran dalam 5 bentuk yakni:

Pertama : Jujur dalam ucapan, mengandung arti tiap kata yang meluncur dari mulut kita sebaiknya selalu mengandung kebenaran.

Kedua : Jujur dalam berniat, merupakan satu langkah awal yang paling penting dalam melakukan suatu perbuatan dan berbanding lurus antara niat dengan perbuatan yang dilakukan.

Ketiga : jujur dalam kemauan, merupakan salah satu usaha agar dapat terhindar dari berbagai kesalahan dalam menyampaikan sebuah kebenaran.

Keempat : jujur dalam menepati janji, seperti kita ketahui bahwa janji adalah hutang, maka tentu wajib untuk dibayar dan harus senilai dengan janjinya/hutangnya, dan merupakan suatu perwujudan perbuatan yang mempertaruhkan harkat dan martabat dirinya dihadapan orang lain serta memberikan keyakinan kepada orang lain.

Kelima : jujur dalam perbuatan, dari keempat diatas tidak akan lengkap jika kita tidak mewujudkannya dalam bentuk perbuatan sesuai apa adanya dan sesuai dengan apa yang sedang terjadi.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya, Kasrem 062/Tn Letkol Inf Ageng Wahyu Romadhon, S.I.P., para Kasi dan Pasi Korem 062/Tn, Kabalakrem, Para Perwira, Bintara, dan Tamtama serta PNS jajaran Korem 062/Tn. (Penrem 062/Tn).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.