Vaksinasi dan Pemberian Obat Pada Hewan Ternak Yang Mengalami Gejala Penyakit

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Bacaan Lainnya

BN News. Pemalang || Anggota Kodim 0711/Pemalang Kopda Sugihartono melaksanakan pendampingan Vaksinasi pada hewan kerbau di dukuh silarang desa Surajaya Kec. Pemalang Kab. Pemalang yang diadakan oleh dinas Peternakan dan kesehatan hewan kabupaten Pemalang. Rabu (2/08/2023).

Pada pelaksanaan pemeriksaan hewan ternak yang berlokasi di dukuh silarang desa Surajaya Kec. Pemalang Kab. Pemalang yang berlokasi di kandang bapak slamet yang sebelumnya membuat laporan ke Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan kabupaten Pemalang bahwasanya hewan ternak yang berupa kerbau mengalami gejala gangguan penyakit surra, Hadir dalam kegiatan tersebut :

1. Ir.Indri. Subkor Kesehatan Hewan,

2. Drh. Haviz Faisal

3. Drh. Alif Iman

4. Dodik Edi Pamungkas

5. Nindah Yunitasari

dan Kopda Sugihartono sebagai pendamping dari Kodim yang bersama sama tim dari dinas kesehatan hewan ternak Kabupaten Pemalang.

Dokter hewan Haviz Faisal menyampaikan bahwa penyakit surra ini merupakan penyakit parasiter yang bersifat akut ataupun kronis. Kerugian yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah berupa penurunan berat badan, gangguan pertumbuhan, penurunan produksi susu, penurunan tenaga kerja dan berkahir dengan kematian. Penyebab, oleh protozoa Trypanosoma evansi. Parasit ini hidup dalam darah induk semang dan memperoleh glukosa, sehingga dapat menurunan kadar glukosa darah induk semangnya.

Penularan, terjadi secara mekanis dengan perantaraan lalat pengisap darah genus Lalat jenis lain seperti Stomoxys, Lyperosia, Chrysopsdan Hematobia serta jenis Arthropoda lain seperti kutu, pinjal dan lain lain dapat bertindak sebagai vektor. Imbuhnya.

Dokter hewan Alif Imam juga menambahkan Penyakit ini biasanya terjadi secara sporadis di daerah endemi, namun dapat juga mewabah yang menimbulkan banyak korban kematian dan kerugian karena pengobatan dan perawatan. Apabila kondisi tubuh menurun atau tedapat cekaman misalnya stres, kurang pakan, kelelahan, kedinginan dan sebagainya merupakan pemicu terjadinya penyakit.

Kopda Sugihartono juga membenarkan bahwa pemberian Vaksinasi dan pengecekan hewan ternak di kandang bapak slamet dukuh silarang desa Surajaya kacamatan pemalang kabupaten Pemalang benar adanya dalam kegiatan tersebut dari dinas peternakan hewan ternak juga mengambil sempel darah dari ternak yang terkena penyakit surra yang nanti nya akan di cek kelaboratorium dan akan ditindak lanjuti lebih lanjut jika apabila ternak tersebut terkena penyakit surra.pungkasnya. (Sumber : Pendim 0711/Pemalang//Jurnalis : Warto).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.