Latih Kemandirian, Kwarran Ajibarang Gelar Dianpinrung dan Dianpinru

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Bacaan Lainnya

BN News. Banyumas || Latih Kemandirian Anggota Pramuka Siaga dan Penggalang, Kwartir Ranting (Kwarran) Ajibarang gelar Gladian Pemimpin Barung (Dianpinrung) dan Gladian Pemimpin Regu (Dianpinru), Kamis, (3/8/2023) di Kompleks SD Negeri Ajibarang Wetan Korwilcam Dindik Ajibarang. Kegiatan Dianpinrung dilaksanakan Kamis, 3 Agustus 2023 sedangkan untuk Dianpinrung Sabtu-Minggu, 5-6 Agustus 2023.

Umar, S.Pd., M.M., mewakili Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Ajibarang yang juga merupakan Koordinator Korwilcam Dindik Ajibarang sangat mengapresiasi peran serta seluruh Pembina Pramuka dan Jajaran Pengurus Kwartir Ranting Ajibarang yang telah sukseskan kegiatan Dianpinrung dan Dianpinru. Ia berharap melalui kegiatan tersebut, anggota Pramuka Siaga dan Penggalang senantiasa terjalin kebersamaan, kerukunan, serta rasa persaudaraan. Dengan demikian menurutnya akan terwujud keserasian serta kekompakan.

“Terima kasih atas partisipasi dan keikhlasan Kakak Pembina serta Jajaran Pengurus Kwarran Ajibarang yang telah sukseskan acara ini. Kegiatan ini jadi sebuah momentum latih Anggota Pramuka mandiri, terbiasa dengan kebersamaan dan kekompakan,” ungkapnya saat memberikan sambutan dan membuka kegiatan.

Umar menambahkan pentingnya kegiatan Dianpinrung dan Dianpinru sebagai bagian dari penangkal lunturnya nilai-nilai budaya daerah, Nasionalisme dan semangat kebangsaan. Menurutnya momen ceria dan bahagia pada kegiatan Dianpinrung dan Dianpinru memiliki kebermaknaan baik dari segi afektif, kognitif, dan maupun psikomotorik.

“Ada hal yang lebih penting yang perlu saya sampaikan. Momentum ini menjadi pengikis mulai lunturnya nilai-nilai budaya daerah, mulai kaburnya jiwa nasionalisme, serta hilangnya wawasan kebangsaan bagi para generasi muda di tengah pesatnya perkembangan teknologi. Oleh karena itu, kegiatan ini menjadi ruang yang membahagiakan. Anak-anak antar pangkalan akan saling mengenal sehingga akrab dan memiliki banyak teman,” imbuh Umar mengakhiri sambutannya.

Joko Wahyanto, S.Pd., Pelatih Kwarcab Banyumas yang hadir menjadi pelatih pada kegiatan Dianpinrung sangat mengapresiasi terselnggaranya kegiatan Dianpinrung dan Dianpinru di Kwarran Ajibarang. Ia sangat terkesan melihat antusiasme anak-anak ikuti kegiatan. Menurutnya semakin sering berkegiatan anak-anak akan termotivasi untuk bisa jadi Pramuka yang handal.

“Terima kasih Kakak-Kakak Panitia serta jajaran Pengurus Kwarran Ajibarang atas terselenggaranya kegiatan ini. Semangat anak-anakku para calon pemimpin hebat. Semangat rekan-rekan panitia. Sukses selalu,” tutur Joko di sela kegiatan.

Kusnaeni Achmad, S.Pd., Ketua Kwartir Ranting Ajibarang sangat berterima kasih kepada Ka Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) dan para Pembina dari semua Pangkalan se- Kwarran Ajibarang atas partisipasinya kirimkan peserta. Semangat dan antusias menurut Kusnaeni sangat terlihat. Bukti nyata, semua Pembina setia menunggu hingga acara usai.

“Terima kasih Ka Mabigus yang telah kirimkan peserta untuk ikuti kegiatan ini. Terima kasih kakak-kakak Pembina dari semua pangkalan baik SD maupun MI yang telah setia menunggu,” ungkap Kusnaeni Achmad. (Sumber : Humas Pemkab//Dindik Banyumas//Jurnalis : Warto).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.