Warga Lokasi TMMD Sengkuyung Kodim Pemalang Dibekali Safety Riding 

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Bacaan Lainnya

BN News. Pemalang || Warga desa Parunggalih kecamatan Bodeh kabupaten Pemalang yang merupakan lokasi TMMD Sengkuyung tahap II Kodim 0711/Pemalang tahun 2023 mendapat pembekalan Safety Riding oleh Polres Pemalang untuk keselamatan berkendara di jalan raya, Kamis (3/8/2023).

Kegiatan tersebut berlangsung di balai desa Pabuaran kecamatan Bantarbolang kabupaten Pemalang dengan tema “Tertib Berlalu Lintas Cermin Budaya Bangsa” engan narasumber Perwira Polres Pemalang Iptu dr. Juniarto Effendi yang diikuti warga, Toga, Tomas, Toda desa Parunggalih dan desa Pabuaran kecamatan Bantarbolang kabupaten Pemalang.

Dalam penjelasannya Iptu dr. Juniarto Effendi menyampaikan Safety Riding bertujuan untuk keselamatan berkendara merupakan suatu usaha yang bertujuan untuk meminimalisir tingkat bahaya sehingga memaksimalkan keselamatan dalam berkendara, menciptakan kondisi yang tidak akan membahayakan pengendara lain, dan memahami akan pencegahan serta penanggulangannya.

Selanjutnya, bagi pengendara sepeda motor untuk safety riding sebelum melakukan perjalanan, guna menjaga keselamatan antara lain :

Sebelum melakukan perjalanan, cek terlebih dahulu kondisi kendaraan yang akan dipakai. Bagian-bagian yang mesti dilakukan pengecekan yaitu: bensin, oli, rantai, ban, lampu, baterai atau aki, baut mur, kaca spion, kopling dan rem.

Pastikan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) selalu dibawa sebagai bukti kendaraan yang dipakai legal, selalu membawa Surat Izin Mengemudi (SIM) sebagai bukti telah legal mengendarai kendaraan dan gunakan helm standar, kaca helm harus bersih, helm bisa full face atau half face.

Pakai sepatu yang nyaman serta aman bagi seluruh lapisan kaki. Minimal menutupi daerah mata kaki. Jangan biasakan menggunakan sandal saat berkendara.

Selain itu juga, “mentaati rambu-rambu dan lampu pengatur lalu-lintas. Menjaga etika dan kewaspadaan saat berkendara. Dan yang paling penting adalah membiasakan diri sendiri menerapkan prosedur standar keamanan dan keselamatan berkendara di jalan raya. Hal ini dibutuhkan untuk mengurangi angka kecelakaan”, pungkasnya.

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri Danramil 06/Bodeh Kapten Cba Supardi, SH., Kapolsek Bodeh Akp M. Rofiq, Kades Parunggalih Bodeh Budiman, Kades Pabuaran Bantarbolang Abdul Qodri, (Sumber : Pendim 0711/Pemalang//Jurnalis : Warto).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.