Latihan Aksi-Reaksi Yonif R 301/PKS Beri Impact Holistik Semua Aspek

  • Whatsapp

Sharing is caring!


BN NEWS || Sumedang – Dalam rangka memastikan pembinaan satuan berjalan secara terarah dan benar, Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P., di dampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah III/Slw Ny. Mia Kunto Arief Wibowo sambangi Yonif R 301/PKS, Kamis (03/08/2023).

Bacaan Lainnya

Demikian disampaikan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Adhe Hansen melalui rilis yang dikirimkan ke Sahabat Siliwangi, Sabtu (05/08/2023).

Salah satu hasil pembinaan Latihan Dalam Satuan ditampilkan saat menyambut Kunjungan Pangdam III/Slw berupa demonstrasi Sermukim (Serangan Pemukiman) oleh para prajurit Yonif R 301/PKS. Dalam demonstrasi tersebut ditunjukkan bagaimana gerakan aksi dan reaksi prajurit dalam melakukan serangan.

Pangdam merasa bangga karena satuan jajarannya selalu mencari solusi dan terus melatih diri untuk meningkatkan kemampuannya dengan melaksanakan pembinaan Latihan Dalam Satuan.

“Salah satu efek dari pembinaan internal dengan melakukan latihan aksi-reaksi adalah dapat menghasilkan output tentang feeling, akurasi, daya tahan serta kecepatan yang baik,” tutur Pangdam.

Dalam pengarahannya, Pangdam III/Slw mengatakan bahwa untuk melatih dan meningkatkan kemampuan perlu adanya sarana pendukung yang dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut hingga tercapai tujuan dan sasaran.

“Dengan adanya sarana-sarana yang terus dilengkapi, mudah-mudahan bisa mengantar pencapaian hasil latihan secara holistik dari semua aspek baik psikis, teknik dan alam,” ujar Pangdam.

Ditegaskannya bahwa rasa sakit saat melaksanakan latihan merupakan impact pelajaran terbaik, karena pada dasarnya latihan yang sebenarnya akan memberikan gambaran saat berada di daerah penugasan nantinya.

“Kalian semua sudah mendidik diri, tidak perlu bicara masalah jarak dan musuh, namun semua mesti kembali pada peningkatan kesiapan diri sendiri terlebih dahulu. Karena semakin mengerti tingkat kritisnya, disitulah akan menghasilkan sikap rendah hati, selalu tanggap dan memahami rasa dan resiko,” jelas Pangdam.

Diharapkan Latihan Dalam Satuan menjadi proses kaderisasi dan regenerisasi dalam manajemen masing-masing diri prajurit, sehingga prajurit TNI AD sebagai alat negara dapat menjalankan tugas pokoknya dengan baik.

Turut hadir Kasdam III/Slw, Kasgartap II/Bdg, Irdam III/Slw, Danrem 063/SGJ, Asrendam III/Slw, para Asisten Kasdam III/Slw, para Dan/Kabalakdam III/Slw, Pa LO AU dan AL, Dandeninteldam III/Slw, Ketua Persit KCK Daerah III/Slw beserta pengurus. (Pendam III/Siliwangi).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.