Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi Berikan Cahaya Pendidikan bagi Anak-anak yang Kehilangan Sekolah

  • Whatsapp

Sharing is caring!


BN NEWS || Kab. Puncak – Ditengah kondisi penuh tantangan, Satuan Tugas (Satgas) Mobile Raider 300 Siliwangi telah mengukir kisah inspiratif melalui Pos Wuloni, tempat di mana mereka memberikan ilmu pengetahuan dan harapan kepada anak-anak warga Woluni yang kehilangan akses sekolah akibat peristiwa tragis pembakaran sekolah oleh KST. Meskipun dengan keterbatasan fasilitas, semangat untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak terdampak menjadi pendorong utama di balik inisiatif mulia ini.

Hal tersebut yang disampaikan Dansatgas Mobile Raider 300 Siliwangi, Letkol inf Afri Swandi Ritonga S.I.P., dalam release tertulisnya di Distrik Ilaga, Kab. Puncak.
Senin (08/07/2023)

Bacaan Lainnya

Pos Wuloni Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi yang terletak di pedalaman daerah Kab. Puncak, Papua menjadi titik terang dalam kegelapan yang dihadapi anak-anak setempat. Dalam situasi di mana akses pendidikan sulit dijangkau, anggota Pos Wuloni Dpp Kpt Inf Mazwardi dan 10 orang lainnya dengan penuh dedikasi memberikan bimbingan dan pembelajaran dasar untuk mencerdaskan generasi muda.

Kondisi keterbatasan fasilitas di Pos Wuloni tidak menyurutkan semangat para anggota Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi untuk memberikan pendidikan terbaik kepada anak-anak. Materi pembelajaran yang diberikan mencakup berbagai aspek penting seperti :

Menulis dan Membaca: Anak-anak diberikan pelajaran dasar menulis dan membaca sebagai landasan awal untuk mengembangkan kemampuan literasi mereka.

Berhitung: Materi berhitung diberikan agar anak-anak dapat memahami konsep dasar matematika untuk perkembangan berpikir kritis.

Cara Berdoa: Selain pendidikan akademis, pendidikan rohaniah juga diajarkan melalui pengajaran tentang cara berdoa.

Lagu Kebangsaan Indonesia Raya: Sebagai upaya memupuk rasa cinta tanah air, anak-anak diajarkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Cara Hidup Sehat (Mandi): Pengetahuan tentang kebersihan dan kesehatan diajarkan melalui cara hidup sehat, seperti mandi.

Tata Krama: Nilai-nilai sopan santun dan tata krama juga diajarkan agar anak-anak tumbuh menjadi individu yang baik dan beretika.

Namun, inisiatif ini tidak berhenti pada pembelajaran saja. Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi juga memberikan alat-alat sekolah kepada anak-anak masyarakat Woluni untuk mendukung proses belajar mereka.

Beberapa nama anak-anak yang telah aktif ikut dalam kegiatan sekolah di Pos Wuloni adalah Feranus, Benus, Baru, Nelias, Yolin, Petisimera, Yelitan, Aman, Arnold, dan Pet. Mereka adalah contoh nyata dari semangat pantang menyerah dalam mengejar pendidikan meski dihadapkan pada tantangan besar.

Komandan Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi, Letkol Inf Afri Swandi Ritonga S.I.P, menyatakan, “Pos Wuloni merupakan bukti bahwa dengan semangat dan dedikasi, kita dapat memberikan cahaya pendidikan bagi mereka yang membutuhkannya, bahkan dalam kondisi terberat sekalipun. Kami berharap anak-anak Woluni akan tetap memiliki mimpi dan masa depan yang lebih cerah.”

Pos Wuloni Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi menjadi bukti konkret bahwa pendidikan memiliki kekuatan untuk mengubah kehidupan dan mengatasi rintangan apapun. Ini juga sejalan dengan perintah harian Kasad Jendral Dr. H. Dudung Abdduracman S.E M.M,yang ke-5 yaitu “TNI AD harus hadir ditengah-tengah kesulitan Masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi”. (Pen Yonif 300/Bjw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.