Kapolresta Banyumas Cek Kesiapan Kampung Tangguh Bebas Narkoba di Sokaraja Tengah

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Bacaan Lainnya

BN News. Banyumas || Polresta Banyumas Polda Jateng melaksanakan pengecekan Kampung Tangguh Bebas Narkoba di Desa Sokaraja Tengah RT 02 / Rw 04 Kec. Sokaraja. Pengecekan ini dilakukan dalam rangka persiapan lomba Kampung Bebas Narkoba Tingkat Polda Jateng.

Pengecekan ini dilakukan langsung oleh Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, SIK, MH, bersama Kasat Narkoba Polresta Banyumas, Kapolsek Sokaraja, Ketua Granat (Gerakan Anti Narkoba) Kab. Banyumas, Bhabinkamtibmas dan pengurus Kampung Tangguh Bebas Narkoba Desa Sokaraja Tengah, Senin (8/8/23).

“Kegiatan pengecekan ini dilakukan dalam rangka memastikan kesiapan kampung bebas Narkoba di Desa Sokaraja tengah yang mewakili Polresta Banyumas untuk mengikuti lomba Kampung Bebas Narkoba tingkat Polda Jateng”, kata Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, SIK, MH, melalui Kasat Narkoba Kompol Dr. Muhammad Yogi Prawira, SH,SIK, MH, saat di konfirmasi.

Kasat Narkoba menyebutkan, terpilihnya Desa Sokaraja Tengah menjadi perwakilan kampung bebas narkoba adalah yang pertama Desa Sokaraja Tengah pernah terdapat kasus narkotika, sehingga oleh Polresta Banyumas bekerja sama dengan BNNK Kabupaten Banyumas mencanangkan Sokaraja Tengah untuk diterapkan Program IBM (Intervensi berbasis masyarakat) dengan melatih beberapa relawan masyarakat.

“Para relawan dibekali kemampuan untuk menerima laporan/aduan tentang adanya narkotika, yaitu dengan melakukan screaning apakah kasus tersebut adalah penyalah gunaan atau peredaran narkotika. Hal ini dinilai efektif sehingga sampai saat ini tidak ditemukannya lagi kasus Narkoba di Desa Sokaraja Tengah”, ungkap Kasat Narkoba.

Yang kedua, Sokaraja merupakan daerah perlintasan menuju ke Purwokerto sehingga hal ini dapat menjadi bentuk pencegahan dini agar tidak terjadi penyalahgunaan dan peredaran narkotika di Kabupaten Banyumas.

Sementara itu, Rois Hidayat, selaku pengurus Kampung Tangguh Bebas Narkoba Desa Sokaraja Tengah menyatakan senang dengan ditetapkannya desa mereka menjadi kampung bebas narkoba oleh Polresta Banyumas dan siap untuk mengikuti Lomba tingkat Polda Jateng.

“Kami dukung penuh Polresta Banyumas yang telah memilih Desa Sokaraja Tengah sebagai kampung bebas narkoba. Kami akan berupaya semaksimal mungkin agar Kampung ini benar-benar bebas dari narkoba dan siap mengikuti lomba kampung anti narkoba”, ujarnya.

(Sumber : Humas Polresta Banyumas//Jurnalis : Warto).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.