Peringatan Tahun Baru Islam 1445 Hijriah di Akademi Militer Magelang

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Bacaan Lainnya

BN News. Magelang || Taruna-Taruni dan Pengasuh Akademi Militer (AKMIL) bersama-sama merayakan peringatan Tahun Baru Islam 1445 Hijriah di Masjid Al-Jihad. Dengan penceramah Mayor Inf Imam Thobroni, S.Ag, Bintal Akmil , yang mengangkat tema, “Dengan Semangat Tahun Baru Islam 1445 Hijriah/2023 M, Kita Tingkatkan Takwa, Mantapkan Akhlak Mulia dan Kuatkan Persaudaraan.” Selasa (08/08/2023).

Wadanmentar Akmil Kolonel Inf Andre Julian, S.I.P., M.Sos. mewakili Gubernur Akademi Militer hadir dalam perayaan ini, menyampaikan ucapan selamat tahun baru Islam kepada seluruh warga AKMIL. Beliau menegaskan bahwa semangat kebersamaan, kerja keras, penanaman dan pemantapan kejuangan, iman serta takwa kepada Allah SWT adalah kunci utama dalam menghadapi berbagai tantangan yang akan datang.

Dalam Ceramahnya Mayor Imam menguraikan kronologi Sejarah Rosululloh diawali dengan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah. Peristiwa tersebut oleh umat Islam dijadikan sebagai tonggak sejarah dalam penentuan kalender tahun baru Islam.

Penceramah juga mengajak semua hadirin untuk meningkatkan ketakwaan, dengan cara Mendekatkan diri dengan Al Qur’an sebagai pedoman hidup umat Islam, Istiqomah dalam menjalankan syariat Islam, bergaul dengan orang Sholeh. Memantapkan akhlak mulia dengan meneladani Rosululloh yang memiliki sifat (Sidiq, Amanah, Fathonah, Tabligh).

“Pentingnya memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai Islam dalam berbagai aspek kehidupan modern seperti menjalin ukhuwah Islamiyyah : persaudaraan umat Islam, Ukhuwah Wathoniyah : Persaudaraan dalam satu Negara, Ukhuwah Basyariyah : Mengembangkan Persaudaraan didasari hubungan kemanusiaan. Jenderal Soedirman pernah menyampaikan, Kalau kita ingin menang maka kita harus kuat, kalau ingin kuat harus bersatu, kalau ingin bersatu maka harus jalin persaudaraan (silaturrohmi)”, tegas penceramah.

Acara ini diakhiri dengan doa bersama untuk keselamatan dan kesejahteraan bagi bangsa, umat, serta warga AKMIL. Semangat kebersamaan dan semangat menjaga nilai-nilai luhur Islam tampak begitu kuat dalam rangkaian peringatan Tahun Baru Islam 1445 Hijriah ini.

(Sumber : Penhumas Akmil//Jurnalis : Warto).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.