Sambut Hari Pramuka, SD Negeri 3 Kedungwuluh Gelar Perkemahan Jumat Sabtu

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Bacaan Lainnya

BN News. Banyumas || Dalam rangka menyongsong Hari Pramuka ke-62, Pangkalan SD Negeri 3 Kedungwuluh menggelar Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa) 11-12 Agustus 2023 di pangkalan setempat. Kegiatan diikuti 220 anggota penggalang yang terdiri dari kelas V dan VI.

Dalam kegiatan Api unggun yang dilanjukan pentas seni Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus), Akhmida Helmiyati, S.Pd, memimpin penyalaan api unggun. Dalam kesempatan tersebut, ia menjelaskan filosofi nyala api unggun.

“Api dapat menjadi perlambang. Api adalah cahaya untuk kita semua. Kamu bisa jadi cahaya di lingkungan kalian. Jadi pentunjuk, penerang masyarakat. Lingkungan gelap, kamu bisa jadi cahaya. Selain jadi cahaya, untuk diri kita, api berkobar-kobar, kalian punya semangat yang luar biasa. Untuk belajar, berkarya untuk negara kita lebih baik. Di sini menandakan keberanian. Tidak boleh jadi penakut. Berkobar-kobar keberanian. Nyala penerangan, semangat luar biasa,” jelas Helmi.

Turut hadir Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Purwokerto Barat, Sri Harjanti, S.Pd. beserta jajaran pengurus Kwarran, antara lain Partono, S.Pd Wakil Ketua Binamuda, serta andalan lain Sugiharti, S.Pd, Yutiana, S.Pd, Rochimi, S.Pd dan Darsiti, S.Pd

Ketua panitia Perjusa Sri Lestari, S.P menjelaskan tujuan dari diadakannya kegiatan adalah melatih anak mandiri, bertanggung jawab, lebih mengenal kepramukaan yang selama ini anak-anak belum begitu mendalami karena Pandemi Covid-19.

“Saya berharap, anak-anak mengikuti kegiatan dengan sensng, ceria dan bahagia, serta bisa mengambil hikmah dari kegiatan yang dilakukan hari ini. Bisa menjadikan pengalaman bagi mereka. Bisa menjadikan mereka anak-anak yang lebih disiplin, bertanggung jawab akan tugasnya masing-masing. Dapat berkolaborasi dengan teman,” katanya.

Para peserta mengikuti berbagai kegiatan mulai upacara pembukaan, Wide game, pentas seni dan upacara api unggun, senam sehat dan jelajah galang. (Sumber : Retno Wihyanti/Humas Pemkab/Dindik Banyumas//Jurnalis : Warto).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.