Donor Darah Bakti TNI di Brebes Peringati HUT RI Ke-78

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Bacaan Lainnya

BN News. Brebes || Kodim 0713 Brebes kembali menggelar kegiatan donor darah di Aula Jenderal Soedirman Makodim, Selasa (15/8/2023).

Disampaikan Dandim Letkol Infanteri Tentrem Basuki, bahwa bakti sosial TNI yang diikuti berbagai pihak, baik KBT (Keluarga Besar Tentara) di Kabupaten Brebes, Polri, maupun masyarakat umum dan sejumlah Mahasiswa dari Alma Ata Yogjakarta yang melaksanakan KKN di Kelurahan Limbangan Kulon, serta Mahasiswa Undip KKN di Desa Randusanga Kulon.

“Kegiatan donor darah ini dilaksanakan secara serentak di kodim-kodim dan satuan-satuan TNI lainnya di jajaran Kodam IV Diponegoro, yang merupakan instruksi Bapak Pangdam dalam rangka memperingati HUT RI ke-78,” terangnya.

Lanjut Tentrem, pihaknya berharap kali ini terkumpul 150 kantong darah yang telah disiapkan oleh PMI UTD Brebes.

“Harapannya semoga dapat menambah ketersediaan darah di PMI Brebes untuk membantu masyarakat yang membutuhkannya,” sambungnya.

Sementara itu disampaikan Muhammad Hardiyansyah, S.Kep (Iyan), Kabag Pengawas Mutu UDD (Unit Donor Darah) PMI Brebes, bahwa pihaknya berhasil mengumpulkan 83 kantong darah 350 cc dari 158 calon pendonor.

Adapun rinciannya meliputi golongan darah A sebanyak 16 kantong, B 26 kantong, AB 4 kantong, dan golongan darah O sebanyak 37 kantong.

“Sebelum pengambilan darah kita melakukan seleksi donor untuk menjaga mutu dan kesehatan calon pendonor,” ujarnya.

Untuk para peserta yang tak bisa diambil darahnya, kebanyakan disebabkan faktor tekanan darah dan HB rendah.

Tak lupa pihaknya mengucapkan terima kasih kepada TNI dan seluruh pihak yang telah mendonorkan darahnya untuk sesama.

Untuk diketahui, selain kegiatan donor darah, Kodim Brebes juga telah melakukan kegiatan bakti lainnya yaitu pemberian bantuan 200 paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan, penghijauan 200 bibit pohon di Lapangan Dukuh Sigempol Desa Randusanga Kulon, dan bersih-bersih sampah di Pantai Randusanga Indah Brebes.

Kemudian ada perlombaan tenis meja Piala Dandim Brebes untuk memeriahkan hari kemerdekaan yang diikuti oleh masyarakat umum perwakilan dari 17 koramil/kecamatan di Kabupaten Brebes. (Sumber : Pendim 0713/Brebes//Jurnalis : Warto).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.