Polda Kepri Gelar Kirab Kebangsaan Merah Putih, Sambut Hari Kemerdekaan Ke-78

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Bacaan Lainnya

BN NEWS || Batam – Dalam rangka Menyambut datangnya hari kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia dengan tema “Terus Melaju Menuju Indonesia Maju” pada tanggal 17 Agustus 2023, Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Tabana Bangun, M.Si., pada hari ini gelorakan Kirab Bendera Merah Putih yang di mulai dari Stadion Temenggung Abdul Jamal dan berakhir di garis finish Dendang Melayu Jembatan 1 Barelang. Hadir dalam kegiatan Pangkogabwilhan/yang mewakili, Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Kepri, Danlantamal IV, Ka BNN Kepri, Kabinda, Pangkoarmada I, Ka Zona Bakamla Barat, Walikota Batam, Ketua DPRD Batam, Danyon Marhanlan IV, Dandenpom, Danlanud Batam, Danyon Marinir 10 SBY, Danyon Raider Khusus 136/TS, Ka imigrasi Kelas I, Kasrem, Pangkogabwilhan/yang mewakili, Forkopimda Provinsi Kepri, Forkopimda Kota Batam, PJU Satuan TNI/Polri, dan para peserta Kirab Merah Putih. Rabu (16/8/2023).

Adapun penyampaian dari Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Tabana Bangun, M.Si., menyampaikan “Saya mengucapkan rasa terimakasih kepada panitia dan peserta kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. Kita semua dapat hadir untuk melaksanakan kegiatan kirab kebangsaan merah putih dengan mengangkat tema “Semangat Pengabdian dan Sinergitas dilandasi nilai-nilai Patriotisme Kebangsaan untuk Indonesia Maju” dari awal pemberangkatan sampai di akhir garis finish yang dilanjutkan dengan kegiatan pemasangan bendera di salah satu monumen yang ada di wilayah Provinsi Kepri lebih tepatnya Kota Batam dan perjalanan yang kita tempuh kurang lebih 17 kilometer. Saya mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan kirab kebangsaan, dan kepada masyarakat yang mengikuti kegiatan ini.”

“Tempat yang kita tuju ini adalah tempat yang memiliki nilai strategis dan memiliki nilai sejarah yaitu di Dendang Melayu Jembatan 1 Barelang. Kirab Kebangsaan yang baru saja kita laksanakan adalah merupakan salah satu rangkain kegiatan dalam rangkaian menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 78, dimana kita semua juga telah melaksanakan kegiatan pengibaran bendera di pulau terluar dan pengibaran bendera di pulau-pulau yang tidak berpenghuni. Kirab ini bertujuan sebagai upaya menjaga semangat persatuan dan kesatuan serta semangat kecintaan kita terhadap Kota Batam, terhadap Kepulauan Riau, dan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia dan juga sebagai wujud bahwa kita semua siap untuk menghadapi berbagai macam tantangan yang terus akan kita hadapi terutama di wilayah Kepulauan Riau”. Ujar Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Tabana Bangun, M.Si.

“Sekaligus juga kirab kemerdekaan yang kita laksanakan bertujuan untuk menumbuhkan semangat dan jiwa perjuangan dalam mengisi kemerdekaan. Wujud dari kirab ini merupakan salah satu bentuk sinergitas dan juga bermakna membangun kesadaran antara semua elemen pemerintah dan masyarakat yang ada diwilayah Provinsi Kepri, sehingga menunjukan satu kesatuan kekompakan didalam menghadapi dan mencegah ancaman yang mengancam NKRI, sehingga kirab merah putih ini merupakan simbol dari kebersamaan semua elemen masyarakat Provinsi Kepri. Dengan harapan nilai-nilai kesatuan kebangsaan keberagaman dalam bingkai kebhinekaan selalu tertanam di hati sanubari kita,“Terus Melaju Menuju Indonesia Maju”. Jelas Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Tabana Bangun, M.Si.

Adapun rute kirab kebangsaan dimulai dari Temenggung Abdul Jamal – SPBU Batamindo – Mall Top 100 – SPBU Cipta Asri – Mako Yonif 136/TS – Damkar Tembesi – hingga sampai di Dendang Melayu. Kegiatan ini diikutin oleh elemen TNI/Polri, ASN, Masyarakat, Insan Pers, mahasiswa dan pelajar yang berjumlah sebanyak 931 peserta membawa bendera secara beranting.

Selanjutnya dalam doorstop Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H. M.Si., juga menjelaskan “Tepat satu hari menjelang hari kemerdekaan RI ke – 78 dimana Kepolisian Daerah Kepulauan Riau atas ide dari bapak Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Tabana Bangun, M.Si., hari ini kita melaksanakan Kirab bendera Merah Putih yang bertujuan untuk merasakan nilai-nilai perjuangan para pendahulu kita para pejuang yang telah berjuang mengorbankan jiwa raga untuk kemrdekaan Republik Indonesia. Kirab merah putih yang mengusung tema “Semangat Pengabdian dan Sinergitas dilandasi nilai-nilai Patriotisme Kebangsaan untuk Indonesia Maju” diawali dengan garis start yang dibuka oleh Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Tabana Bangun, M.Si., Bersama Ka BNN Provinsi kepri dan Para Pejabat TNI-Polri serta pejabat pemerintah Provinsi Kepri”.

“Kirab Bendera Merah Putih ini di mulai dari Temenggung Abdul Jamal yang nantinya akan melintasi perjalanan dengan jarak tempuh kurang lebih 17 kilometer dan akan berakhir di garis finis di Dendang Melayu Jembatan 1 Barelang serta akan mengibarkan bendera Merah Putih sebanyak 78 bendera yang terpasang di Jembatan 1 Barelang. Kegiatan kirab ini dilaksanakan dengan cara beranting yang diikuti sebanyak 931 personil TNI-Polri, ASN, Masyarakat, Insan Pers dan para pemuda mahasiswa serta pelajar, yang mana mereka ini adalah para generasi muda yang bakal mengisi NKRI kedepannya. Semoga dari kegiatan ini kita semua dapat menimbulkan jiwa patriotisme dan lebih menjaga satu kesatuan Republik Indonesia, Terus Melaju Menuju Indonesia Maju”. Tutup Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H. M.Si. (Liz Azrusman)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.