Kodim 0711/Pemalang Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 78 tahun 2023

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Bacaan Lainnya

BN News. Pemalang || Kodim 0711/Pemalang menggelar upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 78 tahun 2023 yang bertema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”, bertempat di Lapangan Makodim Jl. Brigjen Katamso No. 43 kelurahatn Sugihwaras kecamatan/kabupaten Pemalang, Kamis (17/8/2023).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Komandan Kodim (Dandim) 0711/Pemalang Letkol Inf Ade Afri Verdaniex, S.I.P., dan sebagai Komandan Upacara (Danup) Dan Unit Intel Letda Inf Munawir, Upacara diikuti seluruh anggota Kodim 0711/Pemalang dan Minvetcad 05/IV Pemalang baik militer maupun PNS.

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letnan Jenderal TNI Bambang Ismawan, SE., M.M., dalam amanatnya yang dibacakan Irup Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Ade Afri Verdaniex, S.I.P., menyampaikan, peringatan hari ulang tahun kemerdekaan seperti ini, pada hakekatnya merupakan bentuk penghormatan sekaligus penghargaan kita kepada para pejuang, pendiri Republik ini, para pahlawan sejati, yang telah memberikan segala-galanya melampaui dari apa yang seharusnya diberikan.

Menurut Kasum, TNI harus menjadi perekat kemajemukan bangsa, karena TNI merupakan garda terdepan dalam menjaga kerukunan, toleransî dan kebhinekaan, sehingga bangsa Indonesia tetap menjadi bangsa yang utuh, kuat dan tangguh. Tugas kita saat ini dan kedepan bukan semakin ringan, tetapi semakin kompleks dan dinamis. Hal ini seiring dengan perkembangan lingkungan strategis, yang mau tidak mau, suka tidak suka, telah menjadi keniscayaan hadir di tengah kehidupan bangsa Indonesia.

“Bersamaan dengan itu, kita juga harus berjuang dalam menata dan menegakkan sistem hukum yang adil. Kita ingat, bahwa semua warga negara berkedudukan sama di depan hukum dan berhak mendapatkan keadilan. Karenanya, hukum harus ditegakkan untuk keadilan segenap anak bangsa”, tuturnya.

Kasum juga mengatakan, berkaitan di tahun 2023 yang merupakan tahun politik menuju Pemilu 2024, TNI tetap harus netral. Netralitas TNI merupakan kehendak rakyat lndonesia yang telah diamanatkan dalam “UU TNI Nomor 34 Tahun 2004 tentang Jatidiri TNI” diantaranya tidak berpolitik praktis. Netralitas TNI juga merupakan wujud nyata, bahwa TNI tidak ingin kembali ke politik, TNI secara tegas tidak masuk ranah politik praktis.

“Terkait dengan marak dan semakin tingginya penggunaan media sosial, maka tak henti-hentinya saya mengingatkan kembali kepada segenap prajurit dan PNS TNI sekalian, bahwa kita masih harus tetap hati-hati dan cermat terhadap penggunaan media sosial, karena hal ini bisa berpengaruh terhadap institusi TNI dan perkembangan situasi sosial nasional. Oleh karena itu bijaklah dalam menggunakan Medsos, ingat” Jarimu adalah Nasibmu”, tambahnya.

Selanjutnya, TNI sebagai garda terdepan dan sekaligus sebagai benteng terakhir bangsa, akan dituntut menjunjung tinggi komitmen untuk selalu membela kepentingan dan hak masyarakat luas, termasuk dalam menyikapi fenomena yang terjadi. Untuk itu saya tekankan kembali kepada segenap prajurit, TNI tidak akan mampu melaksanakan tugas pokoknya tanpa bantuan dan dukungan rakyat karena di sinilah kita menemukan ruh bahwa sebenarnya kekuatan TNI yang sejati adalah bila bersama-sama dengan rakyat.

Kasum juga memerintahkan kepada pimpinan Satker di jajaran TNI untuk senantiasa mampu membaca situasi, berikut segala kecendemngan perkembangannya, sehingga kita dapat meningkatkan pemikiran prediktif, langkah antisipatif dan upaya konstruktif, deteksi dini, cegah dini sehingga mampu berkontribusi bagi bangsa dan negara.

Pada akhir amanatnya Kasum berpesan, mari kita jadikan peringatan kemerdekaan lndonesia ini menjadi tonggak baru untuk membangun komitmen yang lebih segar dengan memupuk karakter dan nilai-nilai luhur bangsa. Sebab apapun peran dan tugas yang prajurit serta PNS jajaran TNI lakukan, kita berada dalam satu kesatuan dan komando TNI.

“Semangat, dedikasi, loyalitas dan militansi yang para prajurit dan PNS TNI sekalian tunjukkan selama ini, sungguh telah mengantar kembali institusi TNI pada peringkat terbaik di jajaran lembaga negara sebagai institusi yang paling dipercaya oleh rakyat”, pungkasnya. (Sumber : Pendim 0711/Pemalang//Jurnalis : Warto).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.