Upacara Peringatan HUT RI Ke-78 Tahun 2023 Tingkat Kecamatan Cikajang Berlangsung Sukses dan Khidmat

  • Whatsapp

Sharing is caring!


BN NEWS || Garut – Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 Tahun 2023 tingkat Kecamatan Cikajang, berlangsung dengan sukses dan khidmat. Bertempat di Lapangan Sepakbola Ibrahim Adjie, Desa Cikajang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut. Kamis (17/8/2023)

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Camat Cikajang Riyana Tasripin, S.Sos., Komandan Upacara Serma Zulfitri dari Koramil 1116/Cikajang, Perwira Upacara Aipda Andri Kusmayadi Kanit Intel Polsek Cikajang, sementara teks Pancasila dibacakan oleh Danramil 1116/Cikajang Kapten Inf Hartono Panggabean, Teks UUD 1945 dibacakan Oleh AKP H Adnan Muttaqien, S.H., dan teks Proklamasi oleh H Arifin ketua MUI Cikajang dan Kepala KUA Cikajang membacakan Doa.

Bacaan Lainnya

Upacara dihadiri oleh Kapten Inf Risma dari Yonif Raider 303/SSM, para UPTD, para Kepala Desa, Ketua KPGS, para Ketua Ormas, OKP. Sementara untuk peserta upacara terdiri dari para guru berbagai tingkatan, anak sekolah mulai tingkat SD sampai SMA, Pramuka, OKP, Ormas, Damkar, Dishub, PTPN VIII, para perangkat desa dan juga yang lainnya.

Pantauan langsung di lokasi, jalannya upacara berlangsung dengan sukses, khidmat dan seluruh peserta upacara nampak antusias, tentunya momen upacara di HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun ini sangat dinantikan. Pasalnya dua tahun lalu kegiatan upacara dilaksanakan secara sederhana dan terbatas akibat pandemi covid-19. Namun tahun ini semua lapisan masyarakat bisa turut berpartisipasi.

Camat Cikajang selaku Irup membacakan amanat Bupati Garut Dr H Rudi Gunawan, SH., MH., MP., “Rasa Syukur Tak Terhingga, Selayaknya Kita Ungkapkan Karena Saat Ini Kita Telah Mampu Melewati Masa Pandemi Covid-19, Yang Selama Dua Tahun Telah Memberikan Pengaruh Besar Dalam Seluruh Aspek Kehidupan. Namun Demikian, Bukan Berarti Virus Covid- 19 Sudah Lenyap Sama Sekali. Saat Ini, Kita Harus Tetap Mewaspadai Penularan Virus Tersebut. Oleh Karena Itu, Kita Juga Wajib Mempertahankan Atau Menjaga Pola Hidup Bersih Dan Sehat, Serta Melaksanakan Protokol Kesehatan Yang Selama Ini Telah Dijalankan,” ucap camat saat membacakan amanat Bupati.

Sudah saatnya kita bergerak bersama, bangkit dari berbagai permasalahan yang muncul akibat dampak dari pandemi covid-19. sebagaimana tema hut kemerdekaan ri ke-78, yaitu : “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”, maka kita harus melakukan langkah-langkah percepatan pemulihan perekonomian dan kehidupan sosial kemasyarakatan, yang memungkinkan kita untuk menguatkan seluruh sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Mudah-mudahan tahun depan, pada saat kita memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 78, ketika dharma bhakti saya selaku Bupati Garut lebih kurang 6 (enam) bulan lagi akan berakhir, saya ingin dapat mengatakan dengan penuh keyakinan dan kebanggaan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Garut, bahwa Kabupaten Garut telah siap untuk menjadi daerah maju.

Diakhir sambutannya Bupati Garut mengajak kepada seluruh masyarakat senantiasa mensyukuri karunia Kemerdekaan dari Allah Subhannahu wa ta’ala, serta kembangkan rasa syukur itu, melalui upaya-upaya konkret dan konstruktif membangun bangsa agar terwujud negara yang Baldatun Thoyyibatun Warabun Ghafur.

Kedua, mengajak untuk meneladani jiwa patriotisme dan nasionalisme yang dilandasi jiwa religius para pendahulu bangsa dalam memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia. Sikap pantang menyerah, meskipun kondisi penuh keterbatasan tidak mengurangi daya juang para pahlawan kusuma bangsa. Semangat itu yang selayaknya diwujudkan dalam menghadapi situasi pasca pandemi covid-19, agar segera pulih dan bangkit lebih kuat.

Ketiga, khusus kepada jajaran pemerintah daerah, termasuk jajaran pemerintah desa, terus kembangkan inovasi untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik yang lebih adaptif terhadap perkembangan maupun kebutuhan masyarakat, serta mendorong partisipasi aktif masyarakat.

Usai pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan defile oleh seluruh peserta upacara dan juga lapisan warga masyarakat yang sudah sabar menunggu upacara selesai.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.