Hadapi Karhutla Polresta Cilacap Apelkan Satgas Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2023

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Bacaan Lainnya

BN News. Cilacap || Dengan berjalannya musim kemarau dan sering terjadinya kebakaran hutan dan lahan, untuk menghadapi kejadian – kejadian tersebut pada hari ini Kamis, 24 Agustus 2023 di lapangan apel Polresta Cilacap dilaksanakan kegiatan Apel SATGAS Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan tahun 2023 di wilayah kabupaten cilacap.

Kapolresta Cilacap Kombes Pol Fannky Ani Sugiharto, S.I.K., M.Si. dalam sambutannya menjelaskan, Meningkatkan kesiapsiagaan personil dan peralatan dalam Pencegahan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan tahun 2023, Optimalisasi peran, tugas dan fungsi tanggung jawab masing-masing stheakholder terkait dalam upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Wilayah Kabupaten Cilacap, mulai dari Desa, Kecamatan, Kabupaten, Mengajak seluruh komponen khususnya di wilayah Kabupaten Cilacap untuk melakukan gerakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan mulai dari pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi dan media.

Seperti kita ketahui bersama bahwa wilayah kabupaten Cilacap memiliki kawasan hutan yang luas yaitu sekitar ± 47.788.45 HA yang terdiri dari hutan produksi dan hutan lindung serta perkebunan, sehingga berpotensi sekali terjadi kerbakaran apabila tidak kita antispasi, selain itu. Juga bahwa sekarang ini kita menghadapi musim kemarau, tentu ini harus menjadi perhatian serius agar kebakaran hutan dan lahan tidak sampai terjadi lagi seperti kejadian pada beberapa waktu lalu di Perhutani KRPH Karangpucung dan RPH Majenang BKPH Banyumas barat di bulan Agustus ini. Pemantuan titik hotspot sangat diperluka sebagai antisipasi adanya potensi terjadinya kebakaran hutan.

Upaya ini tentu sangat efektif selain melakukan pemadaman awal yang dilakukan sehingga kebakaran tidak sampai meluas, sekaligus upaya pengawasan atau patroli, sosialisasi, dan edukasi bagi masyarakat yang melakukan pembakaran. Satgas Kabupaten dalam hal ini Seluruh Stheakholder dengan menggerakkan potensi yang ada seperti desa, kecamatan, Relawan sehingga terjadinya kebakaran itu dapat dicegah sedini mungkin.

Dalam Gelar Apel Pasukan ini kita melibatkan 300 personil, terdiri dari : Subdenpom Cilacap, Pomal Cilacap, Kodim 0703 Cilacap, Lanal Cilacap , Brimob Polda Jateng, Anggota Polresta Cilacap, Dinas Pangan dan Perkebunan , Dinas Kehutanan , Dinas Kesehatan , Dinas Perhubungan , Satuan Pol PP dan Damkar Cilacap, Basarnas Cilacap, BPBD Cilacap, para Relawan MPA maupun MMP Cilacap, Ucap Kapolresta. (Sumber : Humas Polresta Cilacap//Jurnalis : Warto).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.